ISIS Akui Berada Dibalik Serangan Bom Kampung Melayu

Jumat, 26 Mei 2017 | 14.33 WIB

ISIS Akui Berada Dibalik Serangan Bom Kampung Melayu

ilustrasi (IST)


Centroone.com -Ibu Kota DKI Jakarta kembali jadi sasaran serangan teror.  2 Ledakan bom bunuh diri yang  terjadi di sekitaran terminal bus Kampung Melayu, Rabu (24/5/2017) malam.  Belakangan, jaringan teroris ISIS atau Daesh mengaku bertanggung jawab atas peristiwa itu. 


Dilansir dari TRT World, ISIS menyebut,  dalam laporan yang dikeluarkan kelompok intelijen SITE yang berkedudukan di Amerika Serikat, serangan yang menewaskan tiga polisi itu dilakukan oleh "pejuang" kelompok ISIS.  

Klaim ISIS menurut sejumlah pengamat masuk akal dan bisa dipercaya mengingat keberadaan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), yang merupakan jaringan lokal teroris ISIS di Indonesia.  Kelompok yang sama diduga kuat menjadi dalang melakukan serangan di Jakarta pada Januari tahun lalu yang mengakibatkan empat warga sipil dan empat penyerang tewas.

Sementara itu terkait klaim dari ISIS, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul menuturkan dilihat dari modusnya, pelaku teror bom itu memang diduga terafiliasi ISIS.

"Dari awal sudah kita patut duga bahwa ini dilakukan oleh kelompok teror ISIS. Kelompok teror ini memiliki jaringan jaringan kemudian memiliki sel-sel," ujar Martinus di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Martinus menambahkan, karakter kelompok yang berbaiat pada ISIS di Indonesia sudah terbaca. Dengan demikian, pihaknya tak heran bahwa ISIS akhirnya mengklaim bahwa aksi tersebut memang mereka dalangi. "Memang kita sudah tahu bahwa mereka memang yang melakukannya," kata dia. bbs