Banding Ditolak, Vonis Messi Penjara Tetap 21 Bulan

Jumat, 26 Mei 2017 | 02.00 WIB

Banding Ditolak, Vonis Messi Penjara Tetap 21 Bulan

Lionel Messi (IST)


Centroone.com - Mahkamah Agung Spanyol menolak banding bintang Barcelona, ​​Lionel Messi dan tetap akan memberikan hukuman penjara 21 bulan dan denda USD 2,25 juta kepada sang pemain.  Sebelum ini Messi mengajukan banding dalam kasus penipuan pajak, yang mana sang pemain telah dinyatakan bersalah.  

Dalam pernyataan pengadilan, kapten timnas Argentina itu bersama ayahnya, Jorge Horacio Messi diduga menggunakan beberapa perusahaan di Belize (negara kecil yang berbatasan dengan Meksiko dan Guatemala), Inggris, Swiss dan Uruguay untuk menghindari membayar pajak pendapatan iklan sebesar 4.16 juta euro yang diperolehnya dari tahun 2007-2009.

Pendapatan tersebut adalah hasil dari penjualan hak citra dengan sponsor seperti Danone, Adidas, Pepsi-Cola, Procter & Gamble, dan sebuah perusahaan makanan dari Kuwait. Sementara itu ayah Messi sendiri mendapatkan pengurangan hukuman penjara 15 bulan. Pengurangan hukuman diberikan setelah Messi membayar sebagian dari pajak yang ia sembunyikan. 

Sebelumnya ketika bersaksi pada sidang tahun lalu, Messi mengaku dia mempercayakan urusan keuangan pada sang ayah.   "Saya berdedikasi untuk bermain sepak bola.  Saya percaya pada orang dan pengacara yang telah kami untuk urusan itu. Tak pernah terpikir oleh saya bahwa mereka bisa menipu saya. " tuturnya seperti dilansir dari The Sun. 

Namun meski sudah divonis 21 bulan penjara, para penggemar Messi tidak perlu khawatir.  Di bawah hukum Spanyol, kecuali telah memiliki kesalahan sebelumnya, hukuman penjara kurang dari dua tahun lebih sering ditangguhkan demi kebijaksanaan pengadilan.  by