Sejahterakan Masyarakat, Dinsos Siapkan Banyak Program

Jumat, 19 Mei 2017 | 20.00 WIB

Sejahterakan Masyarakat, Dinsos Siapkan Banyak Program

Warga salah satu sudut Kota Pahlawan (Centroone)


Centroone.com - Selain Campus Goes to Kampung, Dinas Sosial Kota Surabaya sudah lebih dulu menjalankan program Campus Social Responsibility. Program ini menggandeng pihak kampus untuk memberikan pendampingan bagi anak-anak, utamanya dari keluarga kurang mampu agar tidak putus sekolah.

“Juga ada program rehabilitasi sosial daerah kumuh. Bila ada warga yang rumahnya tidak layak huni dan ingin diperbaiki, bisa mengusulkan ke RT/RW hingga kecamatan agar ada perbaikan rumahnya,” tegas Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya Soepomo.

Nantinya, Dinsos akan menjelaskan kepada masyarakat tentang program-program Dinsos dimana masyarakat bisa berperan aktif. “Setiap Sabtu kami keliling di Dolly untuk sharing program yang bisa diakses warga. Contohnya penanganan orang terlantar. Bila jenengan menemukan orang terlantar di jalan, bisa kontak ke Dinsos dan akan kami tindak lanjuti,” sambung dia.

Selain penanganan orang terlantar dan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), Dinsos punya program isbat nikah yang diperuntukkan bagi  pasangan yang masih menikah siri agar memiliki akta nikah sehingga anaknya juga bisa punya akta lahir. Dinsos juga punya program beasiswa bagi anak Surabaya yang berprestasi dan dari keluarga kurang mampu. Ada banyak beasiswa yang disediakan, dari mulai melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi hingga paket pendidikan pelatihan selama 7-8 bulan agar yang bersangkutan memiliki “nilai lebih” untuk bekerja. Serta ambulance gratis via nomor 112 dan program permakanan. (windhi/by)