Nikahi "Pangeran Laut", Cucu Kaisar Jepang Rela Kehilangan Status Ningrat

Jumat, 19 Mei 2017 | 21.00 WIB

Nikahi

Putri Mako (IST)


Centroone.com - Keluarga kekaisaran Jepang dalam waktu dekat bakal kehilangan salah satu anggota keluarganya. Putri Mako, cucu tertua Kaisar Jepang Kaisar Akihito, dilaporkan merelakan statusnya dicabut demi menikahi seorang pria yang berasal dari kalangan biasa. 

Pria yang merebut hati anak dari pewaris takhta Jepang, Pangeran Akishino dan Putri Kiko  adalah, seorang mahasiswa Universitas Kristen Internasional (ICU) Tokyo, tempat yang sama dengan tempat sang putri belajar, bernama Kei Komuro. 

Kei Komuro, selama ini bekerja di bidang pariwista.  Dalam profesinya, Kei Komuro sering berperan menjadi  'Pangeran Laut' untuk mempromosikan pariwisata di pantai Shonan di wilayah Kanagawa, demikian laporan dari Jepang NHK.

Putri Mako dan Kei disebut-sebut bertemu di sebuah restoran.  Menurut tradisi Jepang, saat  menikah, dia akan kehilangan statusnya sebagai keluarga kerajaan dan menjadi rakyat biasa meskipun dia cucu sang kaisar. 

Sang putri sendiri selama ini jauh dari pemberitaan. Ia hanya diketahui menjadi anggota kerajaan pertama Jepang yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, saat masuk kuliah pada April 2010. Saat ini Putri Mako bekerja sebagai peneliti di Museum Universitas Tokyo dan tengah menyiapkan gelar doktor di ICU. by