Akuisisi WhatsApp Oleh Facebook Berbuah Denda Rp 1,6 T

Jumat, 19 Mei 2017 | 14.33 WIB

Akuisisi WhatsApp Oleh Facebook Berbuah Denda Rp 1,6 T

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Komisi Eropa (EC)  menjatuhkan denda sebesar 110 juta Euro atau sekitar Rp1,6 Triliun pada situs jejaring sosial nomor satu dunia, Facebook. Vonis denda diberikan setelah Facebook dianggap memberikan informasi tidak akurat dan menyesatkan terkait pembelian WhatsApp. 

Pihak EC menyatakan mereka perlu mendapatkan informasi yang akurat terkait akuisisi tersebut, untuk mengetahui dampat merger terhadap persaingan usaha. 

"Keputusan ini adalah suatu sinyal jelas kepada (setiap) perusahaan bahwa mereka harus mematuhi semua aspek peraturan merger di Uni Eropa (EU), termasuk kewajiban memberikan informasi tepat." "kata Komisaris Persaingan Uni Eropa , Margrethe Vestagar seperti dilansir dari The Verge. 

Sementara itu pihak Facebook mengatakan pihak telah bekerja sama sejak awal terkait dengan kasus tersebut. 

"Kami bekerja sama sejak pertama kali berhubungan dengan EC, dan kami berusaha memberikan informasi yang tepat. Kesalahan ketika proses pengajuan pada 2014 tidak disengaja dan EC menegaskan itu  tidak mempengaruhi hasil penilaian merger. Pengumuman hari ini menjadi penutup untuk kasus ini, "kata juru bicara Facebook.  by