Maksimalkan Fungsi, Google Rombak Android Device Manager

Kamis, 18 Mei 2017 | 22.00 WIB

Maksimalkan Fungsi, Google Rombak Android Device Manager

ilustrasi (IST)



Centroone.com - Apple punya aplikasi Find My iPhone, yang berfungsi untuk melacak dan mencari tahu letak sebuah perangkat iPhone saat smartphone itu hilang. Google, dalam hal ini, Android juga memiliki aplikasi serupa yang diberi nama Android Device Manager.

Meski jarang disentuh baik oleh pengguna atau pengulas perangkat, aplikasi ini sebenarnya sudah sejak lama dikenalkan Google. 

Dengan aplikasi ini, pengguna bisasa mencari dan mengetahui lokasi saat perangkat mereka jika hilang atau salah letak - termasuk mengontrol perangkat mereka untuk mengeluarkan suara, atau mengunci perangkat tersebut.

Dalam acara Google I/O, Google mengungkapkan mereka bakal mengubah nama Android Device Manager. Perubahan nama dilakukan tidak hanya untuk lebih mengenalkan aplikasi itu, tapi juga agar pengguna memahami fungsi aplikasi itu yang cukup penting. 

Nama baru yang digunakan Google adalah Find My Device, ya - sekilas memang mirip dengan Find My iPhone. Nama baru ini dianggap lebih memudahkan pengguna umum untuk memahami fitur yang ditawarkan di perangkat Android ini.

Bersama-ama dengan rebranding ini, Google juga turut memperbarui antarmuka aplikasi ini dan serta ikon untuk aplikasi ini. by