Dewan Dorong Pemkot Tingkatkan Minat Baca Warga Surabaya

Minggu, 30 Apr 2017 | 01.00 WIB

Dewan Dorong Pemkot Tingkatkan Minat Baca Warga Surabaya

dok centroone


centroone.com-Minat baca warga Surabaya masih rendah. Untuk itu, pihak Komisi D DPRD Surabaya meminta Pemkot Surabaya agar mengoptimalkan gerakan baca untuk warga.

Disampaikan Wakil Ketua Komisi D DPRD Surabaya Junaedi, karena minat baca warga yang rendah, maka dewan mendorong Pemkot Surabaya mampu menaikan minat baca warganya. “Kita bicara ini tak sekadar bicara, tapi karena memang terbukti dari minimnya kunjungan warga ke taman bacaan yang ada di lingkungan RT/RW,” tukas Junaedi.

Jangan sampai taman bacaan yang disediakan pemerintah tak berfungsi dengan baik. Sebab, penyediaan taman bacaan itu juga menggunakan anggaran. Dia menyebutkan, apabila minat baca masyarakat rendah, kualitas SDM juga ikut menurun. Padahal, selain perpustakaan yang ditempatkan di balai RT/RW, PAUD maupun TK, pemerintah kota juga memberikan fasilitas perpustakaan keliling.

Sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti penyebab kurang tertarik warga mengunjungi taman bacaan maupun perpustakaan yang disediakan pemkot. Menurutnya, apabila buku yang disediakan kurang menarik, pemkot bisa menjalin kerja sama dengan penerbit atau pihak ketiga untuk menyediakan buku-buku bagus dan menarik.

Pihaknya menengarai, keengganan masyarakat mengunjungi taman bacaan bisa jadi dipengaruhi perkembangan teknologi. Seperti maraknya gadget dan sebagainya, yang saat ini sebagian besar masyarakat memilikinya. Meski demikian, Junaedi menilai, membaca buku dapat meningkatkan intelektual ketimbang melalui perangkat lain seperti gadget.

Untuk itu, dia mengharapkan Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya dapat menggerakkan minat baca masyarakat. Misalnya, dengan menggelar lomba baca di lingkungan masyarakat. (windhi/by)