Koran Ini Bisa Jadi Bunga Cantik Lho!

Minggu, 30 Apr 2017 | 13.00 WIB

Koran Ini Bisa Jadi Bunga Cantik Lho!

Green Newspaper (IST)


Centroone.com -Dengan munculnya budaya digital, pelan-pelan posisi koran sebagai salah satu media mendapatkan informasi mulai tergeser.  Dengan membaca koran atau media online, para pembaca tidak perlu repot lagi menumpuk koran bekas di rumah. 

Namun di Jepang, nasib koran belum habis, bahkan di Jepang belakangan muncul koran yang bisa dialihfungsikan sebagai tanaman!.  Diberi nama Green Newspaper, koran ini bukan koran biasa.  Green Newspaper adalah koran khusus yang bisa tumbuh menjadi bunga atau tanaman-tanaman hijau setelah tidak digunakan.

Dengan menggunakan Green Newspaper, pengguna hanya perlu merrobek kertas koran dan menanam beberapa bagian kecil di tanah,  kemudian disiram sedikit air dan dibiarkan terkena  cahaya matahari dalam beberapa hari.

Hasilnya pasti mengejutkan, pasalnya benih-benih mikro yang terdapat pada kertas tersebut akan tumbuh menjadi bunga-bungaan yang cantik.

‚Äč

Koran ini sendiri adalah ide dari Dentsu Inc, yaitu sebuah perusahaan periklanan di bawah  perusahaan penerbitan koran Mainichi Shimbunsha. Menurut Dentsu, tujuan mereka adalah ingin membuat bumi lebih hijau dan pada saat yang sama sebagai satu langkah mengurangi polusi lingkungan.

Koran 'ramah lingkungan' ini sendiri mendapatkan sambutan hangat dari penduduk Jepang dengan dilaporkan terjual lebih empat juta eksemplar per hari, sekaligus meraup keuntungan sebesar 80 juta yen.

Sementara itu, inisiatif penggunaan Green Newspaper turut digencarkan oleh  lembaga pendidikan termasuk sekolah, dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran anak tentang masalah lingkungan dan mendidik mereka tentang pentingnya daur ulang. by