Tanpa Udara Ban Sepeda Ini Anti Kempes

Minggu, 30 Apr 2017 | 18.00 WIB

Tanpa Udara Ban Sepeda Ini Anti Kempes

konsep ban anti kempes (IST)


Centroone.com -Sebuah perusahaan ban menghasilkan desain ban tanpa udara menggunakan bahan daur ulang untuk memberikan jawaban bagi ban kempes yang selama ini menggangu para pengguna sepeda angin ataupun sepeda motor.  

Menurut DailyMail, ban unik keluaran perusahaan Bridgestone itu berbeda dengan ban konvensional karena rodanya memiliki material plastik keras untuk menampung berat kendaraan dan penunggangnya.

Ban futuristik itu memiliki material resin termo plastik, sejenis bahan buatan yang fleksibel saat panas dan mengeras saat dingin, yang mana hal itu membuat material itu  bisa diubah dalam berbagai bentuk. Material plastik itu akan membentang di antara hub internal ban karet dan ban karet yang berada di luar velg dan dirancang supaya dapat menyerap hentakan selama perjalanan.   

Karena ban itu tidak berisi udara, serpihan kaca, besi tajam dan berbagai serpihan jalan kini tidak lagi menjadi ancaman bagi ban. Bridgestone mengatakan, roda itu dibuat menggunakan seratus persen bahan daur ulang. 

Menurut perusahaan itu, pihaknya sedang berusaha membuat roda itu dapat didaur ulang sehingga menghasilkan produksi yang ramah lingkungan.  Bridgestone berharap dapat memasarkan ban itu dalam waktu dua tahun lagi dengan  kecepatan 60 kilometer per jam untuk kendaraan ringan. by