Samsung-LG Kembangkan Layar Baru Untuk Ponsel Tanpa Bezel

Sabtu, 29 Apr 2017 | 16.00 WIB

Samsung-LG Kembangkan Layar Baru Untuk Ponsel Tanpa Bezel

ilustrasi layar smartphone samsung (IST)


Centroone.com - Samsung dan LG tahun ini meluncurkan perangkat smartphone dengan bagian depan di dominasi layar layar sentuh, dengan bezel tipis di atas dan bawah.   

Belum puas dengan pencapaian itu, kedua produsen tersebut dilaporkan telah bekerja sama mengembangkan layar untuk perangkat tanpa bezel sepenuhnya. Saat ini di pasaran layar yang memiliki lengkung, hanya ada pada dua sisi kanan dan kiri. Sementara layar baru yang dikembangkan LG dan Samsung bakal memiliki dua lengkung tambahan yakni di atas dan bawah. 

ET NEWS melaporkan, Layar yang tengah dikembangkan tersebut, memiliki lengkung pada empat sudutnya.Dengan konsep seperti ini maka  perangkat akan lebih lebar dengan 98 persen bagian depan adalah layar.

Namun meskipun dengan dua pabrikan besar bekerjasama bukan berarti tidak ada hambatan.  Ada sebuah titik di setiap sudut, yang membuat fungsi sentuh pada layar tidak bekerja.  Teknik laminasi yang ada saat ini, juga belum mendukung layar dengan empat sudut melengkung. Karena itulah untuk mendukung layar tersebut, teknik laminasi layar OLED baru sedang dikembangkan. 

Samsung sendiri beberapa waktu lalu telah menerima pesanan layar OLED untuk digunakan dalam pembuatan produk terbaru Apple, iPhone 8 diprediksi bakal diperkenalkan pada tahun depan. Apple dilaporkan memesan layar OLED sebanyak 70 juta unit pada Samsung.  by