"Botol" Air Kemasan Ini Bisa Dimakan

Sabtu, 22 Apr 2017 | 07.00 WIB

Ohoo!


Centroone.com - Air kemasan dalam botol meskipun praktis namun juga dianggap masalah baru dengan sampah botol plastik bisa mengganggu lingkungan.  Meskipun plastik bisa didaur ulang jadi benda lain, namun tetap saja sampah plastik jadi salah satu masalah yang paling memusingkan.  

Di Amerika Serikat, rata-rata seorang warga menggunakan 167 botol air plastik dan hanya 37 diantaranya akan didaur ulang. Penggunaan botol plastik meningkatkan polusi dan pemborosan. Jadi Ooho! diproduksi untuk menghapus penggunaan botol plastik.

Mencoba mengatasi hal tersebut, sebuah perusahaan di London, telah menemukan  cara baru untuk air dalam kemasan, yakni menggunakan kemasan yang terbuat dari gelembung. Diberi nama Ooho, gelembung mirip jelly berbentuk bulat ini didesain untuk menampung air yang menyegarkan.  

Kemasan berbasis membran yang terbuat dari rumput laut itu memang ramah lingkungan.   Didesain untuk menyimpan 250 ml air, Ooho! terbuat dari ekstrak rumput laut dan aman untuk dimakan.  Cara penggunaannya pun mudah, konsumen tidak perlu membuka tutup botol, namun tinggal memakannya seperti memakan kacang. 

Pendiri Rocks Lab-nama perusahaan yang mengembangkannya,  Rodrigo Garcia Gonzalez mengatakan, kemasan minuman ini cukup kuat dan tahan lama. Perusahaan itu telah mengembangkan Ooho! selama dua tahun terakhir.  

‚Äč" Ini adalah kerja keras yang sulit, kami membuatnya mudah dicerna sehingga konsumen tidak tercekik," katanya.   Rock Labs sedang mengumpulkan dana untuk bisa menjual Ooho! secara komerasial dalam waktu 12 bulan. by