Makam RA Kartini Diresmikan Jadi Wisata Ziarah Nasional

Jumat, 21 Apr 2017 | 18.35 WIB

Makam RA Kartini Diresmikan Jadi Wisata Ziarah Nasional

ilustrasi RA Kartini (IST)


Centroone.com - Peringatan Hari Kartini tahun 2017, yang merupakan Hari Kartini ke 138 bermakna istimewa.  Hal itu setelah makam Raden Ajeng (RA) Kartini di Kecamatan Bulu, Rembang, Jawa Tengah, resmi ditetapkan menjadi destinasi ziarah nasional oleh pemerintah.

​Peresmian dilakukan Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, saat berziarah ke makam tersebut, di peringatan Hari Kartini, Jumat, (21/04/2018). 

Nantinya untuk melengkapi makam tersebut, bakal ada fasilitas-fasilitas pendukung seperti  diorama yang menggambarkan perjuangan RA Kartini.  "Dikirim surat ke Kementrian Sosial untuk menjadikan taman makam nasional Raden Ajeng Kartini sebagai destinasi wisata ziarah.," tutur Khofifah yang juga mengatakan dengan sosok Kartini yang menginspirasi, makam itu bisa wisata edukatif bagi pelajar ataupun umum. 
 
Dalam kesempatan itu, didampingi Bupati Rembang, Abdul Khafidz, Mensos juga sempat meresmikan renovasi fasilitas umum dan kios di area makam. "Akan dilengkapi infrstruktur lain terutama diorama dan beberapa penjelasan tentang perjuangan dan pikiran Raden Ajeng Kartini yang out of the box pada jamannya itu," tambahnya lagi. bbs