Ambisi Koneksikan Otak Manusia Dengan Komputer

Rabu, 19 Apr 2017 | 17.00 WIB

Ambisi Koneksikan Otak Manusia Dengan Komputer

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Nama Elon Musk adalah salah satu nama besar dalam dunia teknologi saat ini.  Bos Tesla itu tidak hanya dikenal sebagai pelopor mobil listrik dan tenaga listrik inovatif, tapi juga tengah berambisi untuk mengembangkan  SpaceX untuk eksplorasi angkasa dan membawa manusia ke planet Mars. Terbaru Elon Musk punya "mainan" baru  yang dinamakan Neuralink Corp.

Dilaporkan Wall Street Journal, Neuralink  fokus pada usaha menyatukan komputer dengan pikiran atau otak manusia - sekaligus membawa kemampuan manusia setahap lebih tinggi. Elon Musk memanggil teknologi ini dengan nama "neural lace", dimana sebuah implan kecil akan dipasang pada otak manusia.

Untuk tahap awal, Neuralink ini diharapkan akan memfokuskan kepada implan untuk mengatasi beberapa penyakit yang sulit berhubungan dengan otak - sebelum beralih ke langkah berikutnya yang memungkinkan implan dipasang pada otak untuk membawa potensi tambahan untuk otak manusia, lebih tinggi dari era kecerdasan buatan sekarang.

Ambisi Neuralink tidak bakal mudah karena sejumlah tantangan sudah menanti mereka termasuk menemukan metode bagaimana memasang implan dengan aman serta stabil dalam otak manusia. by