Dispendik Persiapkan Ujian SD/MI Sejak Dini

Rabu, 12 Apr 2017 | 01.02 WIB

Dispendik Persiapkan Ujian SD/MI Sejak Dini

Sosialisasi US SD/MI yang digelar Dinas Pendidikan Surabaya (Windhi//Centroone)


Centroone.com - Untuk keberhasilan pelaksanaan ujian sekolah (US) tingkat SD/MI pada 15 Mei 2017, Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya menyiapkan hal tersebut. Persiapan itu mulai mulai dari penyusunan soal dan kisi-kisi hingga sosialisasi ke lembaga.

Dispendik telah menggelar sosialisasi US SD/MI kepada ratusan lemabaga. Menurut Kasi Kurikulum Sekolah Dasar Munaiyah, syarat peserta US yakni peserta didik telah atau pernah berada pada tahun terakhir di SD/MI. Peserta didik yang memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada SD/MI mulai semester 1 kelas IV sampai dengan semester 1 kelas VI, jika berhalangan mengikuti US di satuan pendidikan yang bersangkutan dengan alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti US dapat mengikuti US susulan.

Selain itu, salah satu syarat pendafataran peserta dilakukan oleh Satuan Pendidikan dengan menggunakan format pendaftaran yang dibakukan oleh Dispendik. Satuan Pendidikan mengirimkan daftar peserta ke Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama sesuai dengan jenis satuan pendidikan.

“Untuk tata tertib pengawas ruang ada dua hal yang penting, yaitu waktu persiapan dan pelaksanaan. Untuk pengawas ruang diharapkan tiga puluh menit sebelum US dimulai, Pengawas Ruang US telah hadir di lokasi,” ujar Munaiyah.

Tahun ini ada 42.622 peserta mengikuti US SD/MI dengan melibatkan 860 lembaga. Diharapkan, pihak sekolah menyampaikan hal penting terkait pelaksanaan US ke anak didiknya. (windhi/by)