Tipikor Polda Jatim Periksa Pihak YKP

Selasa, 11 Apr 2017 | 22.00 WIB

Tipikor Polda Jatim Periksa Pihak YKP

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Pengusutan kasus dugaan mega korupsi YKP KMS yang sudah lebih 15 tahun tak terungkap, terus dijalankan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Jatim. Beberapa waktu lalu, dikabarkan tiga pejabat di lingkungan Pemkot Surabaya sudah menjalani pemeriksaan. Kali ini giliran pihak YKP yang memiliki unit usaha PT Yekape Surabaya, menjalani pemeriksaan.

Salah satu pihak Yekape yang diperiksa pada Selasa (11/4/2017) adalah Mentik Budino yang dulu sempat menjabat sebagai ketua YKP. Sayangnya informasi mengenai pemeriksaan itu masih bersifat tertutup.

Dikonfirmasi Mentik Budiono mengaku memang mendapat undangan pemeriksaan dari Tipikor Polda Jatim. “Memang mas ada undangan untuk dimintai keterangan. Namun undangannya keliru. Saya diundang atas nama anggota YKP, sedangkan saya sudah empat tahun lebih tidak disana. Jadi sepertinya undangan itu tidak kompeten,” ujar Mentik Budiono dalam pesan singkatnya kepada www.centroone.com.

Namun dia tak menjelaskan secara rinci apakah akan tetap memenuhi undangan tersebut atau tidak. Yang jelas, dari pernyataannya tersirat jika karena tak memiliki kompeten dalam surat undangan itu, tentu dirinya tak mau menghadirinya.

Sementara Ketua East Java Corruption and Judicial Watch Organisation (ECJWO) Miko Saleh SH menegaskan, sebagai mana yang telah dilaporkan pihaknya, tentu pemeriksaan tersebut sudah berjalan. Apalagi laporan tersebut sudah didaftarkan di Polda Jatim pada pertengahan Pebruari 2017.

“Pemeriksaan memang harus berjalan untuk mengungkap kasus tersebut. Selama ini, kasus itu selalu mentah. Namun dengan bukti yang kami sodorkan, kasus itu bisa berjalan,” ujar Miko Saleh. (windhi/by)