Alasan Orangtua Masa Kini Wajib Melek Teknologi

Senin, 06 Mar 2017 | 10.01 WIB

Alasan Orangtua Masa Kini Wajib Melek Teknologi

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Era digital memang sangat diperlukan di masa sekarang.

Namun ada dampak dari majunya era tersebut, di mana masuknya kultur barat yang cukup mudah serta didorong lajunya perubahan, menjadikan generasi saat ini mempunyai kesamaan teknologi.

Lihatlah fakta yang ada sekarang, ketika mereka berkumpul, bukannya saling bicara tapi mereka lebih sibuk dan asyik dengan gadget masing-masing. Proses ini mau tak mau membuat banyak orangtua panik.

Sebab, ketergantungan teknologi telah menjadi gaya hidup anak muda saat ini. Dampaknya adalah, perubahan dalam perilaku serta adanya pergeseran norma umum.

Memang benar bahwa ada perbedaan dalam membesarkan anak dari generasi ke generasi, tapi perbedaan yang dipicu oleh teknologi kali ini sangat drastis dan berbeda dengan norma-norma yang pernah mereka kenal dan terapkan sebelumnya.

Lita Gading M.Soc.Sc, M.Psi, Psikolog di Jakarta menjelaskan apa saja yang akan terjadi bila Anda merupakan orangtua yang gagal melek teknologi.

Anak jadi Introvert

Ada banyak hal yang akan terjadi jika Anda sebagai orangtua gagal melek teknologi. Pertama, Anda pasti dibohongi oleh anak tanpa Anda sadari. Ya, hal ini sangat rawan terjadi, anak bisa saja mengelabui orangtuanya untuk melakukan kebohongan. Ia tidak jujur kepada orangtuanya. Tidak disadari, orangtua membiarkan anaknya mengeksplorasi media sosial dengan sendiri tanpa ada pendamping. Akhirnya, bisa lari ke masalah pornografi dan anak secara tidak langsung menjadi introvert. Untuk itulah, sangat perlu pengasawan kepada anak dan orangtua perlu mengetahui seberapa banyak jumlah gadget yang dimiliki oleh anak.
NEXT