Cerita Sukses Satu Desa Jadi Jutawan Berkat Benang

Jumat, 31 Mar 2017 | 16.00 WIB

Cerita Sukses Satu Desa Jadi Jutawan Berkat Benang

Benang produksi desa tersebut (IST)


Centroone.com - Desa Donggaozhuang, sekitar tiga jam setengah berkendara dari Xingtai, China merupakan salah satu desa dengan penduduk tidak sampai 2.000 orang. Namun hampir semua penduduk desa itu bergelar jutawan berkat bisnis online menjual benang.

Menurut laporan Beijing Youth Daily, puluhan penduduk desa itu sudah menjadi jutawan dan Desa itu sendiri  memiliki 400 toko online yang menjual benang menggunakan platform Taobao, anak perusahaan Grup Alibaba. Menurut seorang kepala masyarakat, bisnis itu dimulai saat seorang pemuda membeli kapas untuk dijadikan benang dan mereka memperoleh 20.000 yuan dalam waktu tiga bulan.

Temannya yang mencari nafkah dengan menanam gandum dan jagung, tertarik dengan bisnis itu lalu mengikuti jejaknya. Pemimpin di desa itu kemudian meminta orang itu mengajar penduduk lain cara memulai bisnis sendiri.

Banyak warga kemudian menjual atau menggadaikan tanah mereka untuk mendapatkan modal untuk memulai bisnis membuat serta menjual berbagai jenis benang. Ledakan bisnis online itu juga menyebabkan banyak remaja memilih tidak bersekolah  untuk membantu bisnis benang keluarga mereka.  by