Pramuka Wadah Efektif Menyatukan Pemuda

Kamis, 30 Mar 2017 | 18.00 WIB

Pramuka Wadah Efektif Menyatukan Pemuda

Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault, bersama sejumlah pengurus Kwarnas Pramuka lainnya (pramuka/centroone)


Centroone.com - Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar pertemuan dengan sejumlah awak media di Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka, Rabu (29/3/2017). Dalam kesempatan itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault menegaskan bahwa Gerakan Pramuka adalah wadah yang paling efektif untuk menyatukan Pemuda.

“Gerakan Pramuka adalah wadah yang paling efektif untuk mempersatukan pemuda. Kalau bapak Presiden mengatakan revolusi mental, Gerakan Pramuka punya dasa dharma. Itu kan luar biasa,” ujar Adhyaksa Dault, di Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017).

Bagi Adhyaksa Dault, keberadaan Gerakan Pramuka sangat luar biasa, sebagai salah satu tameng negara untuk menyatukan NKRI dengan cara berpikir dan semangat dari para pemuda.

“Kalau ada rumah besar, namanya NKRI. Di dalamnya ada 34 kamar, ada kamar Sulawesi Utara, dan 33 provinsi lainnya. Nah, dalam rumah besar NKRI ini, tapi lupa bahwa kita punya kamar makan bersama, kamar dapur bersama, kamar ruang tamu bersama. Anak-anak muda ini keluar dari kamar-kamarnya, untuk menjaga dapurnya, ruang tamunya, tempat makan bersama. Siapa anak muda ini? Yaitu TNI, Polri dan Pramuka,” ucap Adhyaksa.

Menurut Menpora Periode 2004-2009 ini, Pramuka mesti mengacu pada empat hal yang pernah disampaikan Boden Powell. Pertama, happiness. “Pramuka itu harus gembira, makanya kita buat Pramuka keren, gembira dan asyik,” jelasnya. “Kedua, helpfullness. Jadi, saling tolong-menlong. Ada kakak, ada adik, makanya kita panggil kakak. Biar saya sudah tua dipanggil kakak. Kakak itu artinya penghargaan dan kedekatan. Ketiga, helthy, sehat. Semua kegiatannya sehat. Keempat, handycraft, berkarya,” pungkasnya.

Hadir dalam konferensi pers tersebut adalah Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault, Waka Binawasa Susi Yuliati, Waka Binamua Budi Prayitno, Waka BUMGP Ridjal J. Kotta, Sekjen Rafli Effendi, Annas urusan Kominfo Luqman Hakim Arifin dan Hariqo Wibawa Satria, Kapusdiklatnas Suyatno, Annas Abdimasgana Eko Sulistyo, dan jajaran Kwarnas lainnya. by