Ilmuwan Kembangan Aplikasi Smartphone Penguji Sperma

Selasa, 28 Mar 2017 | 13.00 WIB

Ilmuwan Kembangan Aplikasi Smartphone Penguji Sperma

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Smartphone dengan segala inovasi yang dibawanya kini telah berkembang lebih dari sebuah alat komunikasi.  Bahkan yang terbaru, smartphone juga dapat digunakan menganalisis kualitas sperma pria.

Masalah infertilitas mempengaruhi lebih dari 45 juta pasangan di seluruh dunia. Lebih 40 persen dari masalah kesuburan disebabkan oleh sperma berkualitas rendah. Namun tidak semua pria, mau terbuka untuk melakoni tes kualitas sperma. 

Dengan teknologi yang masih dikembangkan ini, menurut peneliti Amerika Serikat,kaum  pria bisa mengetahui apakah mereka berhadapan masalah infertilitas hanya dalam waktu beberapa menit.

Teknologi berbentuk aplikasi smartphone  itu bertujuan memudahkan kaum pria untuk menguji sperma mereka di rumah. "Kami ingin mencari solusi untuk membuat tes infertilitas pria yang sederhana dan terjangkau," kata penulis penelitian itu Hadi Shafiee, seorang dokter di bagian rekayasa dalam bidang medis di Rumah Sakit Wanita Brigham.

"Selama ini pria harus memberikan sampel air mani di rumah sakit. Situasi in menyebabkan mereka sering mengalami stres, rasa malu dan frustrasi, "katanya seperti dilansir dari Mashable.

Aplikasi smartphone penguji sperma ini masih dalam tahap pengembangan dan prototipe.  Peneliti berencana untuk melakukan tes tambahan sebelum mengajukannya untuk  persetujuan pada lembaga Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA).   by