Dengan Teknologi Ini, Kecepatan Internet Bakal 100 Kali Lebih Cepat

Senin, 20 Mar 2017 | 20.00 WIB

Dengan Teknologi Ini, Kecepatan Internet Bakal 100 Kali Lebih Cepat

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Dalam waktu lima tahun lagi, kecepatan broadband (WiFi) akan meningkat sebanyak 100 kali. Hal itu terjadi setelah sekelompok ilmuwan di Belanda menemukan cara baru untuk meningkatkan kemampuan teknologi tersebut. Pakar dari Universitas Teknologi Eindhoven mengklaim, mereka dapat meningkatkan kecepatan WiFi dengan menggunakan sinar infra merah yang dikenal sebagai LiFi.

DailyMail melaporkan, LiFi berfungsi sebagai antena cahaya yang memancarkan gelombang ke peralatan yang menggunakan broadband, sekaligus menguatkan sinyal perangkat tersebut. Laporan itu menyebutkan sistem baru itu memiliki kapasitas lebih dari 40 gigabit per detik (Gbps) per pancaran. Bahkan teknologi tersebut hanya mengandalkan cahaya dari fiber optik dan tidak membutuhkan energi listrik.

Antena itu yang dipasang di beberapa lokasi strategis akan memancarkan cahaya (sinyal internet) pada jarak gelombang dan sudut yang berbeda. Sistem WiFi yang digunakan pada saat ini mengandalkan sinyal radio dengan frekuensi hanya 2,5 sampai 5 gigahertz tetapi LiFi dapat mencapai frekuensi yang lebih tinggi yaitu 200 terahertz.

Sistem broadband terbaik yang ada saat ini dapat mencapai kecepatan 300 megabit per detik, yaitu 100 kali lebih lambat dibandingkan LiFi. by