Nenek Ini Awet Sehat Berkat Seni Beladiri

Senin, 20 Mar 2017 | 06.00 WIB

Nenek Ini Awet Sehat Berkat Seni Beladiri

Nenek Zhang (IST)


Centroone.com - Seorang nenek berusia 94 tahun berasal dari Ninghai, provinsi Zhejiang, Cina belakangan viral di dunia maya berkat keterampilan seni bela diri yang dimilikinya. Nenek bernama Zhang Hexian itu dilaporkan  sudah berlatih seni bela diri  sejak berusia empat tahun dari ayahnya.

Sejak kecil, Nenek Zhang Hexian bangun sekitar jam 5 pagi untuk berlatih kung fu dan hal tersebut telah menjadi rutinitas setiap harinya. Nenek yang belakangan oleh netizen dijuluki sebagai 'Si Nenek Kung Fu' oleh netizen itu mengaku rutinitas itu tubuh badannya sehat dan segar. "Pada waktu itu ayah saya yang menidurkan saya. Ketika kami bangun di pagi hari, kami mulai berlatih kung fu di tempat tidur, "katanya.




Selain menjaga kebugaran dan kesehatan, menurut Nenek Zhang, seni bela diri juga mempertemukannya dengan pasangan hidup.  Ketika berusia 14 tahun, Hexian bertemu jejaka bernama Feng Yongkai yang tak lain adalah murid ayahnya. Mereka bersama-sama berlatih kung fu di atas bukit sebelum saling jatuh cinta dan menikah.

Berlatih kung fu sudah menjadi salah satu tradisi dalam keluarga Hexian di mana dia turut mengajar seni bela diri kepada anak-anak dan cucu cicitnya serta golongan muda agar agar beladiri itu dapat diwariskan turun temurun.

Anak Zhang, Feng Chuanyin juga mengungkapkan ibunya tidak pernah sakit, berkat gaya hidup sehat yang diterapkannya sejak lebih sembilan dekade lalu. "Ibu saya tidak pernah ke rumah sakit dan akan pulih dari flu setelah bangun dari tidur. Dia tidak pernah mengambil produk kesehatan seperti vitamin atau suplemen," kata Feng seperti dilansir dari DailyMail. by