Obat Kutu Rambut Berpotensi Akibatkan Anak Bersikap Buruk

Minggu, 19 Mar 2017 | 17.00 WIB

Obat Kutu Rambut Berpotensi Akibatkan Anak Bersikap Buruk

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Rennes,  di Prancis. baru-baru ini menemukan bahwa kimia yang digunakan untuk menghilangkan kutu kepala berisiko menyebabkan  anak-anak memiliki sikap buruk. Bahan kimia sintetis, yang disebut sebagai pyrethoids itu biasanya digunakan dalam bidang pertanian untuk menghilangkan hama, tetapi juga sering dipakai menghilangkan kutu kepala dan mengontrol perkembang biakan nyamuk.

Metode itu dikembangkan oleh ilmuwan Inggris pada 1960-an sebagai alternatif aman untuk membasmi hama di daerah pertanian.Namun menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal sains, Occupational & Environmental Medicine, bahan kimia yang menyerang dan merusak saraf serangga itu,  juga mempengarhi perkembangan otak anak-anak dan juga jabang bayi di kandungan.

Wanita hamil yang terpapar bahan tersebut berisiko tinggi untuk memiliki anak-anak yang mengalami masalah sosial sebelum usia enam tahun. Penelitian itu melibatkan 3,421 wanita hamil dengan usia kandungan enam dan 19 minggu, Dan mereka yang melakoni penelitian itu, mendapat pengobatan kutu pada lima tingkat berbeda.

Enam tahun kemudian, penelitian dilanjutkan dan peneliti bertemu kembali dengan anak dari 287 wanita yang terlibat dalam penelitian awal. Hasilnya, ilmuwan menemukan, wanita yang terpapar bahan kimia itu  dengan dosis yang lebih tinggi, memiliki anak yang bermasalah dalam lingkungan sosial termasuk sering ketakutan dan tidak suka bergaul. Tes urin terhadap anak-anak itu juga menemukan mereka yang terpapar bahan kimia itu memperlihatkan perilaku yang aneh termasuk bertindak agresif dan intimidasi.

Namun meskipun mengatakan bahan kimia itu berpengaruh, penelitian itu mengatakan bahwa penelitian mereka tidak membuat kesimpulan akhir bahwa bahan kimia itu sebagai penyebab utama anak-anak berperilaku buruk. by