BMKG : Jatim Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Rabu, 08 Feb 2017 | 02.00 WIB

BMKG : Jatim Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Mendung gelap di langit kota Surabaya (Centroone)


Centroone.com - Kota-kota di Jatim, belakangan ini sering diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Hal ini tentu patut diwaspadai, pasalnya warga atau masyarakat tak bisa selalu bergantung pada pemerintah. Namun masyarakat harus bisa mengawasi kondisi alam sekitarnya masing-masing.

Untuk itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Metereologi Klas I Juanda Surabaya berkirim surat kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim, perihal potensi angin kencang di Jatim. Surat ini sifatnya sebagai bentuk kewaspadaan daerah terhadap potensi alam yang ada.

Dalam surat yang ditandatangani Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Taufiq Hermawan ST MT, dengan tegas menerangkan tentang peringatan adanya angin kencang yang bisa terjadi di Jatim untuk beberapa hari ke depan.

“Berdasarkan analisa medan angin (streamline) pada 6 Pebruari 2017, terdapat daerah pusat tekanan rendah (Low) di Samudera Hindia, sebelah barat Benua Australia. Adanya Low ini mengakibatkan terjadinya peningkatan kecepatan angin hingga mencapai 35 knots di seluruh wilayah di Jawa Timur dan gelombang laut yang tinggi dengan ketinggian dapat mencapai 5 meter. Kondisi angin kencang dan gelombang tinggi diprakirakan akan terjadi hingga tanggal 13 Pebruari 2017,” ujar Taufiq.

Dia menambahkan, saat terjadi angin kencang, perlu diwaspadai adanya hujan dengan intensitas lebat terutama di wilayah Jatim bagian utara (Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Gresik, Mojokerto dan Jombnng) serta daerah Tapal Kuda (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Bondowoso dan Situbondo).

Dengan kewaspadaan dini, diharapkan dapat mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Pemerintah Jatim juga diharapkan menyampaikan peringatan ini kepada warganya agar lebih waspada, khususnya di kawasan rawan bencana. (windhi/by)