BPR Pemkot Surabaya Butuh Dirut Baru

Jumat, 24 Feb 2017 | 02.00 WIB

BPR Pemkot Surabaya Butuh Dirut Baru

Khalid saat memaparkan rekrutmen direksi PT BPR SAU. (Windhi/Centroone)


Centroone.com - PT BPR Surya Artha Utama sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkot Surabaya, akan mengganti jajaran direksinya. Kali ini, BPR SAU membuka kesempatan kepada kalangan professional yang berkompeten guna mengisi posisi sebagai Direktur Utama dan Direktur Operasional.

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Usaha Daerah Surabaya Khalid. Saat jumpa pers di ruang Bagian Humas Kota Surabaya, Kamis (23/2/2017), Khalid mengatakan, pengumuman rekruitmen tersebut. Menurutnya, calon Direktur Utama dan Direktur Operasional yang baru diharapkan dapat berpihak pada masyarakat dan perekrutan ini ditandai sebagai bisnis kepercayaan. Artinya, setiap calon direktur harus mampu mengatur masuk dan keluarnya uang yang mengalir serta mampu membangun perekonomian yang baik bagi Surabaya.

“Syaratnya, mampu mengelola arus uang dan arus barang yang mengalir di Kota Surabaya, mampu mengajak warga untuk mandiri dalam berbisnis atau bahkan berinventasi menggunakan BPR. Hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi serta investasi yang berdampak positif bagi warga Surabaya. Itu harapan kami kepada calon direktur,” ujar Khalid.

Khalid memaparkan, ada beberapa persyaratan seleksi atau kualifikasi untuk menjadi direktur utama dan direktur operasi. Persyaratan tersebut yakni berwarga negara Indonesia, berusia minimal 35 tahun dan maksimal 56 tahun, pendidikan formal minimal S1, berpengalaman kerja (diutamakan pejabat eksekutif perbankan) dengan masa kerja 2 tahun, menyampaikan neraca publikasi bank, memiliki sertifikat kompetensi Direksi dari lembaga sertifikasi profesi dan masih berlaku, membuat dan menyajikan corporate plan.

Selanjutnya, tidak terikat hubungan kekerabatan dengan Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah Kota Surabaya, Anggota Dewan Komisaris PT BPR Surya Artha Utama serta tidak memiliki hubungan kekerabatan sebagaimana dimaksud seperti yang tertera di atas. Persyaratan lainnya, tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana dengan ancaman pidana paling sedikit 4 tahun berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

“Lamaran itu dikirim ke Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Usaha Daerah yang bertempat di Jalan Taman Surya No 1 Surabaya. Tenggang waktu penerimaan lamaran mulai dibuka pada 24 Pebruari - 3 Maret 2017 pukul 16.00. Persyaratan ini sudah memenuhi dasar-dasar yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan,” jelas Khalid. (windhi/by)