Astronom Temukan 60 Planet Baru, Termasuk Bumi Super

Jumat, 17 Feb 2017 | 17.00 WIB

Astronom Temukan 60 Planet Baru, Termasuk Bumi Super

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Sebanyak 60 buah planet baru yang mengorbit bintang ditemukan astronom dari University of Hertfordshire baru-baru ini. Salah satu planet yang ditemukan dikenal sebagai Gliese 411b dan merupakan planet yang punya suhu lebih panas dari bumi dan keempat paling dekat dengan Matahari. Planet itu disebut astronom sebagai " Bumi Super"

DailyMail melaporkan, selain menemukan planet baru, kelompok astronom itu turut menemukan bukti keberadaan 54 buah planet lain pada waktu yang sama. Penemuan ini sekaligus menjadikan jumlah keseluruhan planet yang berhasil terdeteksi di sistem alam semesta sampai sejauh ini adalah sebanyak 114 buah.

Identifikasi puluhan planet ini sendiri bukan pekerjaan gampang.  Kelompok astronom itu menghabiskan waktu lebih 20 tahun dan melibatkan 61 ribu individu lain untuk mengamati sekitar 1.600 bintang dalam penelitian yang dilakukan di Hawaii.

Proses pengamatan yang merupakan bagian dari proyek Lick-Carnegie Exoplanet itu  dimulai sejak tahun 1996 dengan melibatkan dua astronom dari University of California yaitu Steve Vogt dan Geoffrey Marcy. Turut serta dalam penelitian adalah seorang ahli astronomi dari Institut Sains Carnegie di Washington yaitu Paul Butler.

Sementara itu menurut, Dr. Mikko Tuomi yang memimpin penelitian itu, adalah sesuatu hal menakjubkan  melihat bintang-bintang di tata surya memiliki planet sendiri untuk mengorbit. "Ini adalah salah satu hal yang sulit dipercaya oleh astronom sebelum ini, meskipun dalam waktu singkat yaitu sekitar lima tahun lalu," katanya. by


...
0




There are 0 comments in this current article