Wapres Samsung Ditahan Terkait Skandal Suap Presiden

Jumat, 17 Feb 2017 | 21.00 WIB

Wapres Samsung Ditahan Terkait Skandal Suap Presiden

Vice Presiden sekaligus ahli waris perusahaan teknologi ternama Samsung, Lee Jae-Yong (IST)


Centroone.com - Vice Presiden sekaligus ahli waris perusahaan teknologi ternama Samsung, Lee Jae-Yong ditahan aparat penegak hukum Korea Selatan, pada Jumat (17/02/2017)terkait  keterlibatannya dalam skandal korupsi Presiden Korea Selatan Park Geun-hye. Sebelum ditahan Lee Jae-Yong sempat diperiksa selama 13 jam. Demikian Seperti dilansir dari Channel News Asia.

Dalam kasus tersebut, Lee Jae-Yong dan Samsung dituduh memberi donasi kepada sebuah lembaga bukan LSM yang dikelola oleh sahabat presiden, Choi Soon-sil, sebagai barter atas bantuan pemerintah. Jae-Yong dan pihak Samsung telah dengan tegas membantah tuduhan itu. Samsung juga telah melakukan penyelidikan internal pada bulan Januari lalu.

Sebelumnya dalam sidang parlemen, Samsung mengakui memberi kontribusi kepada dua badan, tetapi membantah pihaknya mengharapkan balasan dari keduanya.  "Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan kebenaran dapat ditegakkan dalam proses pengadilan di masa depan," kata pihak perusahaan Samsung dalam sebuah pernyataan singkat.

Namun menurut pengadilan sudah ada alasan kuat untuk melakukan penahanan pada Lee Jae-Yong.   "Jae-Yong memang harus ditahan karena ada tuntutan pidana baru dan bukti baru," kata seorang juru bicara pengadilan dalam satu pernyataan.

Jaksa menuduh Jae-yong menyuap Choi Soon-sil  dan seorang rekannya untuk memenangkan dukungan pemerintah bagi transisi kepemimpinan di internal Samsung. Jae-yong, juga dikenal sebagai Jay Y Lee, telah ditetapkan tersangka dalam kasus itu. by