India Pecahkan Rekor Dunia Peluncuran Nano Satelit

Kamis, 16 Feb 2017 | 20.00 WIB

India Pecahkan Rekor Dunia Peluncuran Nano Satelit

Peluncuran satelit ISRO (IST)


Centroone.com - Rabu, (15/02/2017) waktu setempat, pemerintah India meluncurkan 104 unit nano satelit dengan menumpang Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV) versi PSLV-C37 dari  Satish Dhawan Space Centre di Sriharikota, Andhra Pradesh. 

Peluncuran ini sukses memecahkan rekor dunia untuk peluncuran satelit terbanyak dalam satu peluncuran.  Nano satelit merupakan satelit berukuran nano atau lebih dikenal sebagai nanosat yang dikembangkan dengan fitur-fitur lengkap satelit buatan tetapi dengan ukuran lebih kecil, dengan berat antara satu sampai 10 kilogram.

Dari 104 satelit tersebut, 101 dari adalah milik asing yang akan menyediakan layanan untuk pengguna internasional.Dari 101 nano satelit, 96 diantaranya dari Amerika Serikat sementara sisanya dari Israel, Kazakhstan, Belanda, Swiss, Arab Saudi. Peluncuran ini sendiri merupakan salah satu usaha India untuk merebut potensi pasar dalan industri ruang angkasa global, yang dilaporkan bernilai USD 300 miliar.

Peluncuran sendiri diawasi dan dilaksanakan oleh Badan Antariksa India ISRO.  "Usaha membanggakan ISRO ini bertujuan mengembangkan komunitas ilmiah ruang angkasa dan negara kami,"  "India bangga dengan apa yang dilakukan kelompok ilmuwan ini, " Ujar Perdana Menteri India, Narendra Modi memberi selamat lewat cuitannya di Twitter, seperti dilansir dari Hindustan Times.

Dari 104 nano satelit, dua diantaranya yakni  INS-1A dan  INS-1B merupakan miliki India. Sementara itu misi peluncuran yang punya nama lengkap peluncuran PSLV-C37/Cartosat2 Series ini juga mengusung satelit utama Cartosat-2, yang membuat jumlah berat keseluruhan yang diterbangkan ke luar angkasa mencapai 650 kilogram. by