BlackBerry Seret Nokia ke Pengadilan

Kamis, 16 Feb 2017 | 22.00 WIB

BlackBerry Seret Nokia ke Pengadilan

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Dua nama besar lama di dunia industri teknologi dan komunikasi, BlackBerry dan Nokia tengah terlibat sengketa hukum di pengadilan, terkait dengan tuduhan pelanggaran paten.

BlackBerry dalam gugatan mereka mengatakan produk Nokia terutama produk Networking (jaringan) menggunakan teknologi yang tercakup dalam 11 paten yang dimiliki oleh BlackBerry. BlackBerry turut mengatakan produk dan layanan yang dikembangkan Nokia menggunakan paten mereka.  

Lewat gugatan ini, BlackBerry menuntut adanya ganti - rugi dan kompensasi untuk penggunaan teknologi yang dipatenkan oleh BlackBerry tersebut. Namun, pihak BlackBerry belum mau membeber berapa total ganti rugi yang diminta.

Menurut gugatan tersebut, seperti dilansir dari Bloomberg, sebagian dari paten yang dimaksud sebelumnya dimiliki oleh Nortel Networks Corp - perusahaan yang pernah dicoba dibeli Nokia. Perusahaan itu sendiri kemudian dibeli oleh sebuah konsorsium dengan BlackBerry merupakan bagian darinya. 

Paten milik Nortel Networks Corp itu kemudian dibagi pada anggota konsorsium  yang juga termasuk di dalamnya ada Apple dan Microsoft.   Belum ada tanggapan dari pihak Nokia terkait gugatan ini. Nokia dan BlackBerry sendiri, yang sudah menyerah di sektor perangkat, belakangan memang lebih memilih bermain di sektor bisnis jaringan dan layanan. by