Mencegah Uban Bertambah Banyak

Kamis, 16 Feb 2017 | 14.02 WIB

Mencegah Uban Bertambah Banyak

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Munculnya uban pastinya mengganggu penampilan Anda.

Untuk itu, diperlukan perawatan tepat bagi rambut Anda agar uban tak bertambah banyak. Berikut cara pencegahannya seperti dikutip dari laman Female Fisrt.

Pertama, rajin melakukan perawatan dengan aromatheraphy seperti Ylang Ylang. Jenis perawatan ini memiliki efek mengkilapkan rambut. Selain itu, minyak Macademia juga dapat kita gunakan sebagai pelembab rambut. Caranya, gunakan minyak tersebut  dan diamkan selama 30 menit sebelum dibasuh dengan air. Lakukanlah seminggu dua kali.

Di samping  melakukan perawatan, kita juga harus ingat bahwa tubuh kita memerlukan nutrisi agar organ tubuh kita tetap terjaga kesehatan dan kebutuhannya. Untuk rambut, kita memerlukan nutrisi yang mengandung polyphenols, cysteine, vitamin C dan vitamin E yang diperlukan untuk menguatkan warna rambut.

Penggunaan bawang merah dalam bentuk bubuk dapat menstimulasi pertumbuhan akar rambut karena mengandung banyak sulfur. Seperti diketahui, sulfur memiliki peranan penting dalam pertumbuhan keratin dan protein rambut.

Quarcetin yang terkandung di dalam bawang merah mengandung kadar estrogenik yang sangat besar. Perlu diingat, quarcetin di dalam bawang merah memberi stimulasi terhadap produktivitas melanin pada rambut kita.

Proses usia yang makin bertambah pun mengubah warna rambut kita. Itu karena penurunan aktivitas tyrosinase atau yang disebut sebagai enzim pemberi warna pada rambut. Karena tyrosinase menurun, secara tidak langsung semua aktivitas sel rambut mengalami perubahan. (Rie)