Kenalkan Budaya Jepang, Japan Week Bakal Ditutup JKT 48

Selasa, 14 Feb 2017 | 21.30 WIB

Kenalkan Budaya Jepang, Japan Week Bakal Ditutup JKT 48

Atraksi tari Yosakoi saat pembukaan acara. (IST)


Centroone.com - Pelaksanaan Japan Week 2017, mulai 10-19 Pebruari jadi perhatian warga. Acara pembukaan rangkaian Festival Budaya Jepang, dipusatkan di Tunjungan Plaza Convention Center lantai 6 pada 11 Pebruari, oleh Konsul Jenderal Jepang di Surabaya Yoshiharu Kato. Selama itu, acara dibagi-bagi menjadi berbagai rangkaian kegiatan.

Japan Week 2017 diselenggarakan atas kerjasama Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Furinkazan Indonesia (Komunitas Pecinta Cosplay) serta didukung Perhimpunan Alumni dari Jepang (PERSADA) JawaTimur. Fase pertama acara itu digelar pada 10-12 Pebruari 2017.
Menurut Konjen Jepang Yoshiharu Kato, acara ini diselenggarakan untuk mengenalkan budaya Jepang kepada warga di Surabaya, serta mempererat hubungan antara Jepang dan Indonesia. Selain itu, acara ini juga untuk merayakan jelang peringatan 60 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Jepang-Indonesia.

Sementara, pada 13-17 Pebruari ini, bekerjasama dengan C2O Library and Collabtive, Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya menyelenggarakan pemutaran film Jepang yang dilanjutkan dengan workshop wrapping ala Jepang, upacara Minum Teh dan Kaligrafi. Japan Week 2017 masih akan berlangsung hingga 19 Pebruari. Pada acara penutupan 19 Pebruari itu akan digelar Japan Now yang akan diselenggarakan di Ciputra World 17-19 Pebruari 2017.

Yoshiharu Kato memersilahkan warga untuk menyaksikan seluruh rangkaian acara Japan Week 2017 tersebut. Dia berterima kasih kepada warga yang mau menyaksikan hal tersebut.

Sekadar informasi, beberapa acara yang digelar adalah lomba cosplay, lomba Yosakoi, lomba makan ramen, diadakan pula workshop ala Jepang, seperti furoshiki (seni membungkus dengan kain), shodo (kaligrafi Jepang), ikebana (seni merangkai bunga), cha no yu (upacara minum teh) dan origami. Anggota PERSADA Jatim juga menyelenggarakan pemeriksaan gigi gratis dan presentasi robotik. Acara itu juga dimeriahkan dengan penampilan JKT48. (windhi/by)