15 Februari Pilkada Serentak, Ditetapkan "Bonus" Libur Nasional

Minggu, 12 Feb 2017 | 07.00 WIB

15 Februari Pilkada Serentak, Ditetapkan

Pelaksanaan pilkada di salah satu daerah (Centroone)


Centroone.com - Tanggal pelaksanaan pilkada serentak yakni Rabu, 15 Februari 2017 besok telah ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai libur nasional. Pada tanggal tersebut, 101 daerah di Indonesia bakal menggelar pesta demokrasi untuk memilih kepala daerah, termasuk DKI Jakarta.

Penetapan libur nasional ini, yang tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2017 sebagai Hari Libur Nasional diberlakukan dengan pertimbangan agar warga negara atau pemilih, dapat menggunakan hak suaranya dengan baik dan seluas-luasnya.  

Pertimbangan lainnya adalah aturan yang termaktub dalam Pasal 84 ayat 3 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pilkada, yakni pemungutan suara dilakukan pada hari libur atau hari yang diliburkan. "Menetapkan hari Rabu tanggal 15 Februari 2017 sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara serentak," demikian kutipan keputusan Presiden.  Penetapan ini sendiri , menurut Presiden sudah dapat diberlakukan sejak ditetapkan tertanggal 10 Februari 2017.

Sebelumnya dua tahun lalu, Keppres serupa juga pernah dikeluarkan Presiden. Saat itu, Presiden menetapkan 9 Desember 2015, sebagai libur nasional karena menjadi waktu pemungutan suara Pilkada serentak pertama. bbs