Mengenang Seperempat Abad SMS, Ini SMS Pertama Yang Terkirim

Kamis, 07 Des 2017 | 14.00 WIB

Mengenang Seperempat Abad SMS, Ini SMS Pertama Yang Terkirim

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Fungsi SMS (Short message service) atau pesan teks di era internet dan menjamurnya aplikasi pesan instan makin tertinggalkan.  Memang SMS masih selalu jadi fitur bawaan di setiap smartphone atau ponsel baru, namun tetap saja keberadaannya seakan makin terlupakan.

Tapi tahukah anda? Tanggal 2 Desember lalu sudah 25 tahun sejak pesan SMS dikirim menggunakan ponsel. Ini berarti bahwa teknologi yang dikembangkan untuk bertukar pesan telah dimulai seperempat abad yang lalu. Adapun, SMS pertama yang dikirim 25 tahun lalu itu, bertuliskan " Selamat Natal" yang kebetulan dirayakan pada hari Minggu saat itu. 

Pesan itu diketik oleh  insinyur yang tengah mengembangkan dan mempelajari sistem  tersebut, Neil Papworth pada tahun 1992. Saat itu ia berusia 22 tahun. SMS itu kemudian dikirim ke temannya  yang saat itu adalah direktur Vodafone Richard Jarvis. SMS pertama sendiri, dikirim Neil tidak menggunakan ponsel melainkan dengan komputer.  "Saya sendiri tidak tahu apakah akan menjadi besar," kata Neil Papworth seperti dilansir DailyMail tentang pesan pendek pertama tersebut. 

Tahun 2016 lalu, Google dilaporkan merangkul operator-operator seluler besar di dunia yang tergabung dalam GSMA.  Google berniat merombak teknologi SMS dengan fitur yang lebih maju.   Dilansir dari Quartz, Google akan membuat pesan SMS sesuai dengan standar Rich Communications Service (RCS). Standar baru itu akan membuat SMS memiliki fitur-fitur seperti layanan pesan instan lain, layaknya WhatsApp, WeChat, Facebook Messenger dan lainnya. by