Pemudik Tahun Baru Melimpah, Bus Kota Tanpa AC Pun Diperbantukan

Minggu, 31 Des 2017 | 23.59 WIB

Pemudik Tahun Baru Melimpah, Bus Kota Tanpa AC Pun Diperbantukan

Aktivitas di Bungurasih (Centroone)



Centroone.com - Sejak Sabtu (30/12/2017) terminal Purabaya dipenuhi calon penumpang. Diperkirakan ada puluhan ribu calon penumpang  yang memadati terminal tersebut. Mereka adalah warga yang siap mudik ke kampung halamannya untuk menikmati malam pergantian tahun.

Penumpukan penumpang itu terjadi karena habisnya armada bus antar kota antar provonsi (AKAP) dan bus antar kota dalam provinsi (AKDP). Hal yang sama juga terjadi pada Minggu (31/12/2017). Diperkirakan ada 75 ribu penumpang yang telah menggunakan jasa angkutan bus AKAP dan AKDP.

Dikatakan Legowo salah satu petugas UPTD Terminal Purabaya, sejak Sabtu pagi penumpang sudah memadati Purabaya. Untuk dapat mengangkut calon penumpang, pihak Dinas Perhubungan harus mengerahkan bus cadangan.

"Armada cadangan harus dikeluarkan. Tak hanya bus pariwisata, bus kota di Surabaya yang masih layak juga diturunkan untuk mengangkut penumpang AKDP," ujar dia.

Ini diakui Parmin, warga asal Ponorogo yang bekerja di Surabaya dan harus pulang ke kampung halamannya. Agar dirinya bisa berkumpul dengan keluarga di Ponorogo, dia rela naik bus tambahan berupa bis kota Surabaya jurusan Purabaya-Pasar Turi-JMP yang diperbantukan mengangkut penumpang ke Ponorogo.

"Sebelum naik bus, ada pengumuman dari terminal bahwa biayanya Rp50 ribu per orang. Memang harganya naik dua kali lipat dari tarif normal. Bus ekonomi tanpa AC ini terpaksa saya naiki karena sudah sejak pukul 19.00 sampai pukul 00.30 saya belum dapat bus. Daripada terlalu lama di Purabaya, lebih baik saya naiki saja," ujar dia. (windhi/by)