Tutup Akhir Tahun Dengan Kejuaraan Softball Slopitch

Minggu, 31 Des 2017 | 23.00 WIB

Tutup Akhir Tahun Dengan Kejuaraan Softball Slopitch

Tim yang siap berlaga. (Windhi/Centroone)



Centroone.com - Pengurus Klub Softball se-Surabaya menggelar kejuaraan softball slopitch tepat di malam pergantian tahun 2017-2018, di lapangan softball Dharmawangsa, Minggu (31/12/2017). Kejuaraan ini sekaligus untuk mencoba lampu permainan yang telah dipasang Pemkot  Surabaya untuk bertanding softball dimalam hari.

Kurang lebih ada tujuh klub softball mengikuti turnamen softball slopitch yang telah mulai pada Sabtu (30/12/2017) hingga Senin (1/1/2018). Model permainan softball yang akan dipertandingkan yaitu Softball lemparan-pelan atau yang populer dengan sebutan Slow-Pitch (slo-pitch).

“Slo-pitch secara prinsip sama dengan pertandingan softball pada umumnya, hanya Pitcher melempar bola dengan teknik khusus hingga bola yang dilempar memiliki kecepatan rendah, yang justru memiliki teknik kesulitan tersendiri. Slo-Pitch ini diikuti oleh pemain-pemain senior (20 tahun ke atas) dan masters (40 tahun ke atas),” ungkap Nur Moming Hidayat, salah satu tim panitia, Minggu petang.

Di kota Surabaya terdapat delapan klub Softball yang selama ini eksis. Menurut Nur, dari total klub-klub tersebut, tujuh klub diantaranya turut berpartisipasi dalam “New Year Slopitch Open Tournament”.

“Nama-nama klub yang berlaga yaitu Sriti, Alligator, Vio, Hawks, N’Java, Blueshark dan Redbull. Selain mempertandingkan kelas putra, mereka juga mempertandingkan dua tim putri kelas campuran,” imbuhnya.

Untuk pertandingan final putra akan menjadi penutup rangkaian kejuaraan ini di malam tahun baru yang dijadwalkan akan bermain mulai pukul 20.00.
“Bila terjadi hujan lebat pertandingan penutupan ini akan dimainkan pada ke-esokan harinya,” katanya.

Meski dalam suasana perayaan pergantian tahun baru, namun panitia penyelenggara berkomitmen untuk tidak menyalakan mercon, kembang api atau sejenisnya yang dapat mengganggu fungsi lapangan, misalnya membuat jala penahan bola berlubang atau bisa merusak rumput sintetik di lapangan hockey sebelah lapangan softball.

“Sebagai pengganti mercon, panitia penyelenggara menyiapkan kemeriahan tahun baru dengan taburan kembang kertas raksasa (giant confetti) dan hiburan lainnya yang meriah tapi tidak membahayakan,” paparnya.

Momentum ini juga akan dipakai sebagai sarana edukasi bahwa merayakan tahun baru juga bisa dilakukan dengan olah raga bersama yang menyenangkan dan tentunya menyehatkan.

“Perbasasi (Perserikatan Baseball Softball Seluruh Indonesia) Kota Surabaya dan Forum Komunikasi Klub Softball Kota Surabaya mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Surabaya dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya juga seluruh jajarannya atas dukungan penyelenggaraan kejuaraan di malam pergantian tahun. Ini akan menjadi sarana edukasi dalam memperingati malam pergantian tahun,” pungkasnya. (windhi/by)