4 Raksasa Smartphone Tegaskan Tak Ikuti Langkah Apple

Minggu, 31 Des 2017 | 21.00 WIB

4 Raksasa Smartphone Tegaskan Tak Ikuti Langkah Apple

iPhone Apple (pixabay)



Centroone.com - Apple mengaku "menurunkan" peforma dari iPhone dibawah lini iPhone 8 dan iPhone X.  Apple mengatakan mereka menggunakan sistem yang dibawa dalam  upgrade perangkat lunak untuk membatasi performa iPhone versi lama.  

Pasca pengakuan Apple,  kekhawatiran hal serupa juga dilakukan produsen ponsel yang lain sempat muncul. Namun sejumlah raksasa smartphone dunia seperti HTC, Motorola, Samsung, dan LG memastikan mereka tidak pernah menjalankan apa yang dilakukan Apple. 

Dilaporkan The Verge, seorang juru bicara HTC mengatakan bahwa merancang ponsel untuk memperlambat prosesor mereka akibat usia baterai "bukanlah sesuatu yang kita lakukan." Sementara  juru bicara Motorola mengatakan, "Kami tidak menurunkan kinerja CPU berdasarkan usia baterai yang ebih tua."

Sedangkan pihak Samsung dan LG, juga secara tegas menyatakan tidak akan dan tidak pernah melakukan apa yang dilakukan. " Tidak pernah , dan tidak akan pernah! Kami peduli pada apa yang konsumen kami pikirkan" tukas pihak LG seperti dilansir Phone Arena. 

" Kualitas produk telah dan akan selalu menjadi prioritas utama Samsung Mobile. Kami memastikan memperpanjang masa pakai baterai perangkat seluler Samsung melalui langkah-langkah keamanan, yang mencakup algoritma perangkat lunak yang mengatur pengisian daya baterai saat ini dan durasi pengisian. Kami tidak mengurangi kinerja CPU melalui pembaruan perangkat lunak selama siklus hidup perangkat" tukas pihak Samsung.  

Pengakuan Apple  menimbulkan kemarahan pengguna yang telah lama menyadari kinerja perangkat semakin lambat seiring dengan usia perangkat. Gugatan demi gugatan bermunculan pasca pengakuan tersebut, bahkan salah satu gugatan dilaporkan bernilai USD 999 miliar atau Rp 13 triliun!.  Gugatan sendiri tercatat banyak berasal dari Amerika Serikat.  by