Minta Maaf, Ini Janji Apple Untuk Pengguna iPhone Lawas

Minggu, 31 Des 2017 | 17.00 WIB

Minta Maaf, Ini Janji Apple Untuk Pengguna iPhone Lawas

iPhone Apple (pixabay)



Centroone.com - Apple mengaku "menurunkan" peforma dari iPhone dibawah lini iPhone 8 dan iPhone X.  Apple mengatakan mereka menggunakan sistem yang dibawa dalam  upgrade perangkat lunak untuk membatasi performa iPhone versi lama.  Pengakuan ini menimbulkan kemarahan pengguna yang telah lama menyadari kinerja perangkat semakin lambat seiring dengan usia perangkat. Gugatan demi gugatan bermunculan pasca pengakuan tersebut, bahkan salah satu gugatan dilaporkan bernilai USD 999 miliar atau Rp 13 triliun!.   

Terkait hal tersebut, Apple pun terpaksa melontarkan permintaan maaf. Dalam pernyataan resmi mereka, Apple mengatakan bahwa mereka melakukan perubahan dan mengurangi kinerja dan peforma iPhone generasi lama untuk memastikan konsumen dapat menggunakan di iPhone seperti biasa -  dan baterai yang sudah berumur tidak akan mempengaruhi kinerja ponsel. 

Selain meminta maaf, Apple juga berjanji mendiskon harga baerai iPhone  sebesar USD 50 - dari USD79 menjadi USD 29 - untuk siapa saja yang memiliki iPhone 6 atau yang lebih baru yang baterainya perlu diganti, tersedia di seluruh dunia sampai Desember 2018.   Tidak hanya itu Apple juga berjanji memberikan update iOS baru dengan fitur baru yang memberi pengguna lebih banyak visibilitas pada kinerja baterai iPhone mereka, sehingga pengguna dapat melihat sendiri apakah kondisi baterai memengaruhi kinerja perangkat.  

"Kepercayaan pelanggan adalah segalanya bagi kami. Kami tidak pernah berhenti untuk mempertahankan dan mendapatkan kepercayaan pelanggan.  " demikian ujar pernyataan tersebut.  

Penurunan peforma dilakukan Apple dengan dalih masalah baterai Lithium pada iPhone.  Apple mengatakan mereka melakukannya karena kualitas baterai lithium-ion semakin menurun, dan  iPhone yang menggunakan baterai itu turut mengalami penurunan kinerja dan bahkan- berdasarkan laporan mendadak mati saat kapasitas baterai akan habis.  Hal ini dilakukan pada iPhone 6, iPhone 6S dan iPhone SE tahun lalu, dan serta pada iPhone 7  penggusung iOS 11.2.  Apple juga mengatakan bahwa mereka akan terus menerapkannya pada produk mereka selanjutnya. by