Kirim Data Lokasi Pengguna-Meski Fitur Berbagi Lokasi Dimatikan

Minggu, 31 Des 2017 | 11.00 WIB

Kirim Data Lokasi Pengguna-Meski Fitur Berbagi Lokasi Dimatikan

ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - Pada perangkat Android, Anda mungkin mendapati bahwa ini memiliki dukungan berbagi lokasi - yang akan menggunakan dukungan sensor GPS serta BTS untuk mengetahui lokasi pengguna saat ini. Hal ini sering digunakan untuk aplikasi navigasi, aplikasi sosial dan sebagainya untuk menawarkan konten yang spesifik untuk pengguna. Bagi yang tidak menyukainya, pengguna bisa mematikan fitur dan berhenti sharing lokasinya.

Namun baru-baru ini seperti dilaporkan Quartz,  sejak awal tahun 2017, perangkat Android tetap  mengirimkan informasi yang berkaitan dengan lokasi BTS terdekat ke Google - meskipun fitur lokasi pada perangkat dimatikan dan tidak menggunakan aplikasi apa pun.

Meskipun hal ini tidak berdampak besar pada privasi pengguna- karena akan mengirimkan lokasi BTS, namun hal ini tetap menimbulkan ketidaknyamanan. Melalui pengujian Quartz, mereka menemukan bahwa info yang disebut Cell ID dikirim ke Google, meskipun merupakan perangkat baru dengan dukungan lokasi dimatikan, tanpa aplikasi atau kartu SIM apa pun.

Google sendiri mengatakan bahwa informasi yang diketahui oleh kode ID Cell ini tidak tersimpan oleh mereka. Google mengatakan mereka berniat menggunakannya untuk mempercepat kecepatan dan kinerja pengiriman pesan. Namun, raksasa internet ini mengklaim tidak menggunakannya. Google akan berhenti mengumpulkan Cell ID ini pada akhir November kemarin.
  
Namun, karena Google mengumpulkannya tanpa memberi tahu pengguna -dan bahkan tidak memberi opsi kepada pengguna untuk menonaktifkannya - menyebabkan ketidaknyamanan di antara banyak pengguna. Seperti biasa, banyak yang menganggapnya sebagai masalah sepele - tapi mungkin akan lebih bermasalah jika perusahaan lain, terutama dari China, melakukan hal yang sama.   by