Bus Bekas Disulap Jadi Rumah Unik Bagi Tunawisma

Minggu, 31 Des 2017 | 18.00 WIB

Bus Bekas Disulap Jadi Rumah Unik Bagi Tunawisma

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com-   Tunawisma di Inggris punya tempat tinggal unik. Meski bukan rumah penampungan mewah, namun tetap saja tempat tinggal tunawisma tersebut istimewa.  Para tunawisma itu tinggal di sebuah bus bertingkat yang telah diubah menjadi sebuah tempa tinggal yang layak, lengkap dengan  dilengkapi dapur dan toilet.  

Modifikasi bus bekas itu merupakan gagasan Joanne dan Sammy Barcroft untuk proyek The Rucksack dimana mereka mengumpulkan barang-barang untuk para tunawisma.

Gagasan itu didukung sebuah perusahaan kereta api, yang menyumbangkan bus berusia 72 tahun berisi 20 kursi. Sementara itu untuk tempat tidurnya, dibuat oleh sebuah perguruan tinggi di Portsmouth.  Sedangkan untuk dapur dan instalasi rumah disumbang sebuah asosiasi peruimahan setempat. 

Dilaporkan The Independent, - Joanne dan Sammy menghabiskan hampir £ 6,000 yang didapat dari  penggalangan dana dan sumbangan untuk mengubah bus tersebut.  Sekarang, setelah dimodifikasi bus tersebut harganya diperkirakan mencapai £ 25.000.  Bus rumah yang bisa menampung sampai 12 orang itu diparkir di sebuah gereja St. Agatha di Portsmouth dan akan dimanfaatkan sepenuhnya untuk proyek penampungan tunawisma.

Di Inggris, ada banyak bus yang digunakan untuk tempat berteduh sementara guna mengurangi jumlah tunawisma yang tidur di jalanan. Pada bulan Agustus, yayasan krisis tunawisma mengungkapkan bahwa jumlah tunawisma akan meningkat pada tahun 2041 jika pemerintah tidak melakukan tindakan.  by