Kisah Inspiratif Binaragawan Berjantung Mekanis

Minggu, 31 Des 2017 | 12.00 WIB

Kisah Inspiratif Binaragawan Berjantung Mekanis

Andrew Jones (AlBalad)



Centroone.com - Binaragawan dari Connecticut, Amerika Serikat (AS) ini hidup menggunakan hati buatan.  Andrew Jones, 27, didiagnosis menderita kardiomiopati Cardiomyopathy Hipertrofik pada akhir 2012. Penyakit kronis yang mengancam jiwanya terjadi karena aktivitas fisiknya saat remaja melebihi apa yang dilakukan orang dewasa. 

"Saya tidak memiliki detak jantung, Anda bisa mengecek semua anggota tubuh saya dan Anda tidak akan menemukan denyut nadi. Jadi saya mungkin adalah zombie paling rentan yang pernah Anda lihat," katanya.

Menurut Andrew, jantung mekanis yang melekat padanya adalah alat pemberi kehidupan yang memberikan detak jantung sambil menunggu organ dari donor yang tepat. Namun, hal itu tidak menghentikan pekerjaan Andrew untuk melanjutkan rutinitas kesehariannya. "Bagi saya, tidak ada alasan untuk tidak bekerja bahkan di 'masa kritis'. Saya tidak akan menyerah dan ini adalah ujian yang harus saya lakukan," seperti dilansir Upworthy.

Dengan kondisinya saat ini, tanpa jantung Andrew mengaku menangis setelah pulang dari berolahraga karena 'bersyukur masih diberi kesempatan " Pemuda tersebut juga mendirikan sebuah Yayasan yang dikenal sebagai 'Heart At Large' pada tahun 2015 untuk mengumpulkan dana dan membantu mereka yang mengalami nasib sepertinya. 

Beruntung, Andrew  telah menerima sumbangan organ hati dari keluarga yang tidak dikenal dan selamat setelah delapan jam operasi. Pemuda itu sekarang tidak membutuhkan peralatan listrik ekstra yang sering ia bawa saat mengunjungi gym.

"Sudah lebih dari sebulan saya memiliki jantung dan dokter telah melakukan yang terbaik. Saya sangat berterima kasih kepada keluarga organ donor yang bersedia membantu saya. Suatu hari nanti saya akan membayar kembali apa yang  mereka berikan dan sekarang saya tidak perlu membawa baterai tambahan yang perlu dikenakan biaya," katanya. by