Persiapkan Stadion Bongkar Pasang Untuk PD 2022

Sabtu, 30 Des 2017 | 14.00 WIB

Persiapkan Stadion Bongkar Pasang Untuk PD 2022

desain Stadion Ras Abu Aboud (Dezeen)



Centroone.com - Awal tahun lalu, Stadion Maracana tersandung masalah Olimpiade 2016. Manajemen stadion tidak dapat menanggung biaya perawatan stadion dan menunggak utang listrik dalam jumlah besar. 

Penyelenggara Piala Dunia 2022 Qatar ingin menghindari masalah yang sama dengan membangun stadion modular sebagai persiapan Piala Dunia 2022.

Stadion Ras Abu Aboud yang sedang dibangun saat ini, dibangun menggunakan kontainer kargo bekas. Dilansir dari situs resmi FIFA, bahan ini digunakan karena stadion ini berada di dekat pelabuhan Doha. 

Setelah event selesai, stadion berkapasitas 40.000 orang itu dapat dilepas dan komponen dipasang kembali untuk membangun stadion di lokasi lain. Ada cukup bahan untuk membangun dua stadion mini untuk acara olah raga lainnya seperti tenis. 
‚Äč
Konstruksi diharapkan selesai pada 2020 dan akan menjadikannya stadion pertama Piala Dunia yang lebih lestari. Dengan bahan bangunan yang lebih ramah  ini, Qatar berharap agar masalah yang sering terjadi pasca Piala Dunia bisa dihindari. by