Tujuh Manfaat Lain Cuka Putih Ini Perlu Kamu Tahu

Jumat, 29 Des 2017 | 07.00 WIB

Tujuh Manfaat Lain Cuka Putih Ini Perlu Kamu Tahu

cuka putih (clione)


Centroone.com - Cuka putih banyak digunakan di dapur atau untuk mencuci.  Karena cuka putih adalah zat alami, penggunaannya tidak akan berdampak negatif pada tanaman dan lingkungan. Berikut beberapa contoh penggunaan cuka putih di rumah. 


1. Membersihkan pot tanah liat

Jika rumah Anda masih menggunakan pot jenis ini, gunakan cuka putih untuk membersihkannya dari kotoran dan efek cuaca. Gunakan rasio 1: 4 atau 5 untuk kuantitas cuka dengan air. Rendam vas ke bahan ini selama 20 sampai 30 menit. Kemudian, sikat pot untuk menyingkirkan kotoran.


2. Membersihkan Lumut di dinding 

Cuka putih bisa mematikan lumut yang tumbuh di dinding. Mudah menyemprotkan cuka putih tanpa mencampur air pada lumut 


3. Mencegah semut

Cuka putih juga sangat efektif dalam menghilangkan semut. Anda hanya perlu mencampur cuka (putih atau apel) dengan air dengan perbandingan 1: 1 dan siram  di jalan atau sarang semut. Bau cuka yang kuat akan membuat semut menghindari melewati tempat itu.


4. Mencegah hewan mendekati rumah 

Apakah Anda tahu hama seperti tikus, tikus, kucing, anjing dan lainnya tidak menyukai cuka yang kuat? Anda dapat mencegah hewan ini dengan merendam kain dengan cuka dan menempatkannya sudut rumah tertentu yang jadi tempat persembunyian hewan-hewan ini.


6. Mencegah ulat buah

Mencegah buah matang agar tidak diserang ulat buah dengan menggunakan cuka. Untuk membuat bahan ini, Anda memerlukan secangkir air putih, setengah cangkir cuka apel, seperempat cangkir gula dan satu sendok makan tetes tebu. Campur semua bahan ini dan masukkan ke dalam wadah kosong. Gantung di pohon buah yang ingin dilindungi. Resep ini juga bisa digunakan untuk mengusir lalat.


7. Bersihkan karat dari alat

Cuka bisa membersihkan alat dari karat. Cukup cukur atau rendam alat ke dalam cuka cair dan biarkan rendam selama beberapa menit. Kemudian bersihkan dan bersihkan alat.  by