Lingkar Wilis Jadi Destinasi Wisata Alam Andalan Jatim

Minggu, 24 Des 2017 | 06.00 WIB

Lingkar Wilis Jadi Destinasi Wisata Alam Andalan Jatim

salah satu sudut Lingkar Wilis (kominfo jatim)



Centroone.com - Provinsi Jatim berupaya mempromosikan Lingkar Wilis menjadi salah satu destinasi wisata alam unggulan seperti Gunung Bromo dan Kawah Ijen. Sarana dan prasarananya pun kini sudah disiapkan.

Ketua Badan Promosi Pariwisata (BPP) Jatim Dwi Cayono mengatakan, Lingkar Wilis berada di Gunung Wilis terletak lintas batas di enam kabupaten yaitu Madiun, Ponorogo, Tulungagung, Trenggalek, Kediri dan Nganjuk. "Potensi wisata Lingkar Wilis cukup bagus, namun kurang bisa dipromosikan karena minimnya infrastruktur pendukung,” ungkapnya.

Dwi Cayono juga mengungkapkan, sebenarnya Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jatim telah berupaya mempromosikan dan menjual potensi wisata Lingkar Wilis. Hanya saja langkah tersebut terkendala minimnya infrastruktur pendukung. Sehingga upaya tersebut kurang disambut baik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

”Padahal, Lingkar Wilis ini layak dijual karena masuk dalam kategori wisata Saujana, yaitu wisata alam yang diperkuat dengan wisata budaya. Yang dijual tidak hanya potensi keindahan alamnya, tetapi juga kebudayaan masyarakat sekitar,” ungkap Dwi.

Berbagai infrastruktur pendukung yang harus segera dibangun ataupun diperbaiki menurut Dwi adalah akses jalan. Karena jalan yang mengarah ke Lingkar Wilis masih sangat sederhana, sempit dan butuh untuk diperlebar demi kenyamanan wisatawan yang akan berkunjung.

Selain itu fasilitas penginapan ataupun hotel berbintang juga harus dipikirkan. Karena ketika ada ratusan atau bahkan ribuan wisatawan yang berkunjung, hotel menjadi fasilitas urgent yang harus tersedia. “Harus ada kesepakatan bersama antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten untuk melakukan percepatan pembangunan infrastruktur pendukung tersebut. Jika pembangunan hanya dibebankan kepada daerah saja,  akan terasa berat karena besarnya investasi yang harus disediakan,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Jatim Jarianto mengatakan, Pemprov Jatim memang telah menargetkan Lingkar Wilis menjadi salah satu wisata andalan Jatim yang baru. "Lingkar Wilis ini destinasi pariwisata baru dan menjadi andalan untuk turis domestik maupun mancanegara," ujarnya.

Potensi wisatanya, berupa destinasi yang melingkari Gunung Wilis seperti cincin sehingga dinamakan Lingkar atau Cincin Wilis. "Di sana yang dijual alam atau pemandangannya indah luar biasa. Potensinya besar, bisa-bisa menyaingi Gunung Bromo atau Kawah Ijen sebagai wisata andalan di Jatim," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, proses persiapan pembangunan sarana dan prasarana, serta jalan akses yang menuju maupun menghubungkan enam daerah sedang dilakukan. "Nantinya akan dibangun penginapan, tempat kuliner, tempat santai dan sebagainya. Di sana, jam 16.00 sudah gelap dan cuacanya yang dingin. Cocok untuk yang suka dingin, penikmat pariwisata alam dan gunung," katanya.

Proyek pembangunan Lingkar Wilis sudah dibicarakan dengan seluruh kepala daerah, dan telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Gubernur Jatim Soekarwo  dan seluruh bupati setempat dalam naskah Kerjasama Antar Daerah di Selingkar Gunung Wilis 'Tunggal Rogo Mandiri'. (windhi/by)