Natal-Tahun Baru, 19 Ribu Personel Siap Amankan Jatim

Kamis, 21 Des 2017 | 01.00 WIB

Natal-Tahun Baru, 19 Ribu Personel Siap Amankan Jatim

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin. (Windhi/Centroone)



Centroone.com - Kepolisian Daerah (Polda) Jatim, siap mengamankan perayaan Naral dan malam pergantian tahun di wilayahnya. Sejak jauh hari pola pengamanan itu sudah disipakan. Untuk pelaksanaan pengamanan di Jatim, pihak Polda akan menurunkan 19 ribu personelnya. Apalagi sejak malam ibadah Natal hingga tahun baru masih masuk libur panjang. 

Pengamanan perayaan Natal dan tahun baru itu menggunakan sandi Operasi Lilin 2017. Disampaikan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, fokus personel kepolisian itu untuk menjaga keamanan di Jatim agar selalu kondusif.

"Yang menjadi prioritas pengamanan adalah gereja. Selain itu, ada juga tempat lain yang menjadi obyek vital tempat ibadah umat Kristen seperti di convention hall yang digunakan untuk perayaan Natal," kata Irjen Pol Machfud Arifin, Rabu (20/12/2017).

Dia menjelaskan, pengamanan tidak hanya dilakukan oleh polisi namun juga dibantu aparat dari TNI. Guna memastikan pasukan pengamanan bisa bertugas maksimal, pihaknya juga akan melakukan gelar pasukan pada Kamis (21/12/2017).

"Kami akan melakukan gelar pasukan. Saya juga telah perintahkan para Kapolres di Jatim untuk melakukan gelar pasukan. Ini dilakukan serentak secara nasional," tuturnya.

Pengamanan di wilayah Jatim ini juga menyasar lokasi wisata. Sebab, selama libur panjang ini, diperkirakan banyak warga yang memilih liburannya di tempat-tempat wisata. "Selama libur akhir tahun ini, pengaman lokasi wisata juga akan kita lakukan. Anggota juga ditempatkan di lokasi yang biasa digunakan masyarakat menyambut pergantian tahun," ujarnya. (windhi/by)