Mahar Rp 711,5 triliun, Fox Resmi Milik Disney

Minggu, 17 Des 2017 | 01.00 WIB

Mahar Rp 711,5 triliun, Fox Resmi Milik Disney

Logo Disney-Fox (Mspowersuser)



Centroone.com - Raksasa hiburan dunia Walt Disney Co telah setuju untuk membeli film dan aset televisi utama  21st Century Fox milik Rupert Murdoch senilai USD 52,4 miliar atau Rp 711,5 triliun! Demikian seperti dilaporkan CNN. 

Hal itu dilakukan Walt Disney dan Fox untuk menghadapi persaingan dengan platform hiburan digital, termasuk Netflix. Dengan pembelian tersebut, Disney  \kini memiliki hak atas sejumlah franchise dan serial televisi berbasis Hollywood seperti 'X-Men', 'Avatar' dan 'The Simpsons' serta FX Networks dan National Geographic. 

Disney juga memiliki saluran kabel dan bisnis hiburan Fox. Disney juga akan mendapatkan kontrol mayoritas atas layanan streaming video Hulu , yang dimiliki Fox bersama Comcast dan Time Warner. 

Pasca pembelian ini,  Murdoch, 86, dan kedua putranya disebut akan lebih fokus pada media lain dibawah grup mereka, termasuk jaringan penyiaran Fox, Fox News Channel dan saluran olahraga.

Disney sebelumnya telah membeli Pixar Animation Studios, Marvel Entertainment dan serta pembuat  "Star Wars" Lucasfilm yang memberikan Disney hak penuh pada karakter-karakter ternama miliki tiga studio tersebut.  by