Lokakarya Pengembangan Perpustakaan Dengan Repositori Institusi

Selasa, 12 Des 2017 | 22.00 WIB

Lokakarya Pengembangan Perpustakaan Dengan Repositori Institusi

Pemaparan pepositori institusi dalam lokakarya di UKWMS. (Windhi/Centroone)


Centroone.com - Cyber campus, saat ini melekat pada dunia pendidikan tinggi yang menjadi wahana untuk mendidik dan mengembangkan potensi diri. Hal ini memang tak bisa ditolak seiring fenomena atas kemajuan teknologi. Untuk menunjang hal ini, perpustakaan memiliki peran penunjang lembaga pendidikan tersebut. Sebab, perpustakaan memiliki peran strategis dalam hal pengelolaan informasi. 

Perkembangan teknologi informasi yang terjadi, juga membentuk paradigma baru dalam dunia perpustakaan dan kepustakawanan. Sebagai penyedia layanan, perpustakaan dituntut untuk memiliki wadah khusus yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pencarian informasi dengan tepat, cepat, lengkap dan aktual.

Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan melakukan preservasi terhadap konten intelektual lokal yang dihasilkan oleh sivitas akademika atau yang disebut sebagai repositori institusi. Repositori institusi selain berfungsi sebagai penyimpanan dan pelestarian juga digunakan untuk keperluan Pengajuan Angka Kredit (PAK) dosen sesuai dengan Surat Edaran DIKTI Nomor 1864/E4/2015 tanggal 15 Oktober 2015 perihal PAK Dosen.

Perlu upaya untuk mengetahui pengembangan dan pengelolaan repositori institusi sebagai salah satu pilihan untuk meningkatkan layanan yang ada di perpustakaan. Hal ini mengingat belum semua institusi memiliki dan memahami serta manfaatkan hadirnya repositori institusi, khususnya perguruan tinggi yang ada di Jatim. 

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Jawa Timur (FPPTI Jatim) sebagai forum komunikasi perpustakaan negeri dan swasta di Jatim, berinisiatif mengadakan program pengenalan dan pendalaman materi tentang repositori institusi kepada pustakawan khususnya dan universitas pada umumnya sebagai jawaban atas tantangan tersebut. Lokakarya ini merupakan kerjasama FPPTI Jatim dengan Kopertis Wilayah VII Jatim serta Perpustakaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS).

Vincentius Widya Iswara dari UKWMS menyampaikan, tujuan kegiatan ini bukan sekedar memberikan informasi kepada perpustakaan dan pengelola mengenai fungsi dan manfaat penerapan repository institusi. Kegiatan ini untuk mempersiapkan pengelola perpustakaan agar menjadi pengelola repositori institusi di institusinya masing-masing dan mempromosikan institusi induk dengan pemeringkatan internasional melalui kontribusi perpustakaan dalam pemeringkatan Webometrics Repository.

Lokakarya kali ini dihadiri para pustakawan dan atau pengelola teknis perpustakaan serta tim teknologi informasi perguruan tinggi (PTN/PTS) di Jatim, khususnya di lingkungan Kopertis Wilayah VII Jatim. (windhi/by)