Armada Taksi Tanpa Sopir, Uber Pilih Volvo

Sabtu, 25 Nov 2017 | 19.58 WIB

Armada Taksi Tanpa Sopir, Uber Pilih Volvo

mobil otonom Volvo dan Uber saat ujicoba tahun lalu (volvo)


Centroone.com - Keberadaan Uber mengubah lanskap transportasi umum di seluruh dunia. Uber sendiri belakangan juga tengah fokus menghadirkan transportasi jenis baru yakni dengan mengembangkan taksi terbang dan taksi otonom tanpa sopir. 

Untuk mewujudkan hal itu, Uber telah mengumumkan pembelian 24.000 mobil Volvo XC90 dan XC60 dengan kemampuan swapandu. Dalam pengumuman Volvo, pembelian senilai USD 1 miliar ini akan dilakukan antara tahun 2019 dan 2021. Mobil ini adalah mobil  yang sama yang digunakan Uber dalam uji coba pertama mereka di Pittsburgh pada bulan Agustus tahun lalu. 

Dalam uji coba  tersebut, ada 100 mobil yang dilibatkan.   Sebelumnya dalam usaha mereka untuk meningkatkan pengembangan moda transportasi terbaru, beberapa waktu lalu Uber mengumumkan telah menjalin kerjasama dengan Badan Antariska Amerika Serika (NASA).  Dalam kerjasama ini, Uber bakal turut  mengembangkan perangkat lunak sebagai otak dari  tranportasi terbang di masa mendatang. 

Dengan kerjasama ini Uber berharap bisa lebih baik mengatur lalu lintas udara, sehingga memudahkan berbagai taksi terbang tanpa masalah. Pada bulan Februari lalu, Uber juga menarik seorang ahli sekaligus insinyur veteran NASA untuk mengembangkan kendaraan atau taksi terbang. Sang insinyur Mark Moore, yang mana sebelumnya telah menerbitkan makalah penelitian terkait dengan VTOL (Vertical Takeoff and Landing) - atau kendaraan yang bisa mendarat dan take off secara vertikal.  by