Dewan-Pemkot Akur, Lanjutkan Pembangunan Gedung Baru

Selasa, 14 Nov 2017 | 21.00 WIB

Dewan-Pemkot Akur, Lanjutkan Pembangunan Gedung Baru

Gedung DPRD Surabaya (Centroone)


Centroone.com - Pemkot dan DPRD Surabaya akhirnya memiliki kata sepakat untuk meneruskan pembangunan gedung baru wakil rakyat delapan lantai. Sebelumnya memang sempat terhenti saat ada pihak yang mempermasalahkan pembongkaran masjid Assakinah, bagian dari pembangunan gedung tersebut.

Kesepakatan ini muncul setelah ada pembicaraan antara DPRD Surabaya melalui Komisi C, unsur pimpinan dewan dan Pemkot Surabaya diwakili Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya. 

Dalam hearing itu, Kepala Dinas PRKPCKTR Ery Cahyadi, mengaku lega setelah mengikuti rapat dengar pendapat di Komisi C DPRD Surabaya. Saat itu memang sudah ada kepastian meneruskan pembangunannya. 

“Lha bagaimana kami mau kerja kalau kondisi di lapangan masih terganggu seperti itu, makanya karena saat ini sudah clear semua di rapat Komisi C. Mulai besok kami sudah harus bekerja,” ujar Ery, Selasa (14/11/2017).

Nantinya, masjid itu akan menempati lantai satu gedung baru DPRD Surabaya. Masjid akan dibangun lebih luas dengan ukuran 17x29 meter yang sebelumnya 13x13 meter.

Sementara menurut Ketua Komisi C Saifudin Zuhri, tidak ada lagi persoalan di proyek pembangunan gedung baru DPRD Surabaya dan masjid. Dia meminta kepada semua pihak untuk tidak lagi membuat polemik, apalagi sampai mempolitisir persoalan yang sejatinya hanya berdasarkan rumor yang salah.

“Jadi ada rumor yang berkembang bahwa pembangunan perluasan gedung DPRD Surabaya tidak ada masjidnya. Itu salah dan sama sekali tidak benar, karena nantinya justru dibangun lebih besar dan megah dengan dua menara megah yang mengapitnya,” tegasnya. (windhi/by)