Jembatan Penghubung Tertinggi, Terpanjang Serta Terindah Dunia

Selasa, 14 Nov 2017 | 15.00 WIB

Jembatan Penghubung Tertinggi, Terpanjang Serta Terindah Dunia

Jembatan Aizhai (enghunan.gov.cn)


Centroone.com - Jembatan Aizhai di Hunan, Cina mendapat julukan sebagai jembatan terindah di dunia. 

Selain pemandangan indah di sekitarnya, jembatan itu juga  merupakan pemilik sejumlah gelar mengagumkan lainnya.  Jembatan yang berada di atas lembah Dehang itu merupakan jembatan penghubung tertinggi dan terpanjang dunia. 

Jembatan baja berwarna abu-abu dan oranye itu memiliki panjang 1.176 meter.  Jembatan yang menghubungkan dua  kota Chadong dan Jishou itu  memiliki empat jalur jalan yang memperpendek waktu perjalanan dari empat jam menjadi satu jam.

Pembangunan jembatan  yang merupakan bagian dari tol G65  Baotou—Maoming itu sendiri dimulai 10 tahun yang lalu, tepatnya pada bulan Oktober 2007 dan selesai pada akhir 2011 sebelum dibuka secara resmi untuk digunakan pada bulan Maret 2012. Pembangunan sendiri menelan biaya sebesar USD 610 juta. Demikian seperti dilaporkan China Daily. 

Jembatan tersebut menjadi ikon simbolis keunggulan arsitektur dan teknik China seiring dengan pesatnya perkembangan negara tersebut. Bagi mereka yang takut ketinggian, bisa menggunakan trotoar pejalan kaki untuk menikmati pemandangan megah yang makin bercahaya karena bola lampu. by