Bayi Anda Menolak ASI? Ketahui 4 Alasan Ini

Sabtu, 11 Nov 2017 | 09.00 WIB

Bayi Anda Menolak ASI? Ketahui 4 Alasan Ini

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Bayi Anda tiba-tiba menolak minum ASI.

Pastinya, Anda resah melihat kondisi ini. Nah, kalau sudah begitu ketahui 4 alasan kenapa bayi Anda menolak ASI.

1. Merasa sakit pada bagian mulut

Rasa sakit ini bisa saja karena tumbuhnya gigi, sariawan atau bahkan ada kemungkinan infeksi telinga. Tentu hal ini akan membuat bayi merasa tidak nyaman ketika menyedot ASI.

Cara mengatasinya:
Bila hanya sariawan, Anda dapat memompa ASI ke dalam botol sehingga ujung dot dapat Anda hindarkan dari area yang sariawan. Sedangkan, bila konsultasi kesehatan anak ke dokter anak untuk diberikan obat penghilang rasa sakit atau sejenisnya.

2. Rasa ASI yang berubah

Pertama, ASI berubah rasa karena makanan yang Anda makan, khususnya makanan yang pedas atau memiliki rasa yang kuat. Kedua, ada kemungkinan juga bahwa perubahan rasa disebabkan oleh perubahan hormon. Hal ini bisa jadi karena Anda sudah mulai kembali menstruasi atau mungkin malah hamil kedua.

Cara mengatasinya:
Hindari mengonsumsi makanan yang memiliki rasa-rasa kuat seperti bawang atau cabe. Bila mogok ASI ini terjadi karena Anda sudah mulai mentsruasi atau hamil lagi, Anda bisa berkonsultasi pada dokter anak cara tepat untuk melengkapi nutrisi si kecil, terutama jika ia masih belum terlalu dini untuk menerima MPASI.

NEXT