Tawaran Menarik Senilai Rp 1.755 T Dari Broadcom Untuk Qualcomm

Sabtu, 11 Nov 2017 | 16.00 WIB

Tawaran Menarik Senilai Rp 1.755 T Dari Broadcom Untuk Qualcomm

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Salah satu perusahaan chip terkemuka di dunia Broadcom, telah mengajukan penawaran untuk membeli Qualcomm. Broadcom yang  memproduksi chipset WiFi, GPU, chip untuk jaringan, serta chip untuk konsol game tersebut dilaporkan  telah menawarkan untuk membeli setiap saham  Qualcomm seharga $ 70 per saham - menjadikan nilai keseluruhan Qualcomm menjadi USD 103 miliar atau sekitar Rp 1.755 triliun.  Demikian seperti dilaporkan Bloomberg. 

Sementara itu The Verge melaporkan, Tawaran senilai 130 miliar dolar AS ini juga termasuk 25 miliar dolar AS untuk utang.  Jika Qualcomm, yang selama ini dikenal sebagai produsen prosessor mobile itu benar-benar mau dibeli, maka nilai itu akan menjadi nilai akuisis terbesar dalam sejarah teknologi. 

"Kami tidak akan berani memberikan tawaran ini jika kami tidak yakin konsumen kami di dunia global akan merespon potensi penggabungan ini," ujar Presiden dan CEO Broadcom, Hock Tan, seperti dikutip dari The Verge. 

Akuisisi Qualcomm akan membuat Broadcomm memiliki  portofolio produk yang lebih luas - sambil memperkuat posisi mereka di arena semikonduktor.  Keberanian Broadcomm menawar Qualcomm sebenarnya cukup menarik karena dari data tahun lalu, Broadcomm masih berada di bawah Qualcomm.

Laporan Fortune mengungkapkan Qualcomm mencatatkan pendaapatan penjualan tahunan sebesar USD 22 miliar sedangkan Broadcom berada di bawahnya dengan pemasukan sebesar USD 18 miliar. Sementara pada 2016 lalu Broadcom berada di posisi ke-5 perusahaan semikonduktor terbesar di dunia dari segi pemasukan, juga berada di bawah Qualcomm yang berada di posisi tiga besar bersama Intel dan Samsung.

Nama Qualcomm, yang banyak dipakai di smartphone ternama seperti buatan Samsung juga lebih tenar dibanding Broadcomm produknya bisa ditemukan di smartphone buatan HTC dan Google. by